in

Saus Guacamole, Apa Sih Istimewanya?

saus guacamole
Foto: pixabay

Ngobrolin.idPernah mencicipi saus guacamole? Makanan yang satu ini berasal dari Meksiko dan menjadi makanan khas negara tersebut. Saus guacamole sendiri memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis saus lainnya.

Jika saus lain terbuat dari cabai dan tomat, saus guacamole terbuat dari bahan dasar avokad. Pembuatan saus ini ditambahkan lemon, bawang putih, dan garam sebagai penambah cita rasa.

Awalnya, pembuatan guacamole hanya dilakukan dengan menghaluskan daging buah dan diberi sedikit garam. Namun kini, resep guacamole berkembang jauh lebih kompleks. Ada beberapa resep yang menambahkan tomat, bawang bombai, dan air lemon. Oleh karena itu, rasa saus guacamole pun beragam tergantung bahan pembuatnya.

Avokad yang bisa dijadikan saus guacamole pun bukan sembarang avokad. Buah ini harus sudah matang sehingga mudah dihancurkan. Dalam pembuatan saus ini, bahan lain yang ditambahkan juga harus diiris kecil-kecil terlebih dahulu. Misalnya, tomat yang sudah dipotong dadu dan bawang bombai yang sudah dicincang.

Agar rasanya lebih pedas, guacamole juga bisa dibuat dengan menambahkan jalapeno. Jalapeno adalah cabai super pedas yang berasal dari daerah Meksiko. Jika terlalu pedas, jalapeno juga bisa diganti cabai jenis lain.

Terakhir, guacamole juga diberi tambahan cilantro. Cilantro sendiri merupakan daun dari tanaman ketumbar. Cilantro digunakan pada sup atau makanan berkuah. Aromanya yang unik, yakni pedas dan wangi, bisa menambah flavor pada guacamole.

Saus ini berwarna hijau terang. Rasanya pun gurih asam. Aroma bawang yang tercium cukup kuat. Di negara asalnya, saus ini biasa digunakan sebagai cocolan untuk nachos dan makanan yang diolah dengan cara dibakar.

Nachos sendiri adalah makanan khas Meksiko. Bisa dibilang, nachos adalah keripik tortilla. Nachos pertama kali diciptakan pada 1943 oleh Ignacio Nacho Anaya. Keripik ini sering kali disajikan dengan saus keju dan dicocol ke guacamole.

Selain itu, guacamole juga bisa dipadukan dengan berbagai hidangan panggang. Ikan, ayam, atau daging bakar biasa dicocolkan ke guacamole. Rasa gurih asam yang lezat akan berpadu dengan gurihnya daging panggang atau bakar tersebut.

Konon, makanan ini sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Aztec masih berjaya di daratan Amerika. Guacamole juga terkenal di Negara Spanyol. Hal ini karena pada zaman dahulu, bangsa Spanyol melakukan ekspansi hingga ke wilayah Amerika.

 

jenis konsol

Playstation, Nintendo, Atau Xbox, Kamu Pilih yang Mana?

lagu terbaik Sheila on 7

Lagu Terbaik Sheila On 7, Mana Nih yang Kamu Banget?