in ,

Say Good Bye Buat Jerawat Punggung

Cara mudah mengatasi jerawat punggung

jerawat punggung
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh mana saja kecuali di telapak tangan dan telapak kaki. Bagian tubuh selain wajah yang lazim ditumbuhi jerawat adalah punggung. Jerawat punggung memang tidak akan memengaruhi rasa kepercayaan seseorang secara langsung karena sulit dilihat, tetapi tetap saja kemunculannya akan membuat khawatir, apalagi jika jerawat menjadi semakin parah.

Penyebab jerawat di punggung hampir sama dengan jerawat di wajah, yaitu disebabkan oleh bakteri, terlalu banyak minyak, dan penumpukan sel kulit mati. Sebenarnya, menghilangkan jerawat yang muncul di bagian tubuh selain wajah terbilang cukup sulit. Eits, sulit bukan berarti tidak bisa, ya!

Nah, berikut ini Tim Ngobrolin punya beberapa tips buat mengatasi masalah jerawat punggung.

Rajin mandi

Karena salah satu penyebab jerawat adalah bakteri, kamu harus rajin mandi, minimal setelah beraktivitas seperti berolahraga atau bekerja. Setelah beraktivitas biasanya akan terjadi penumpukan dan penyumbatan folikel rambut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan jerawat lebih mudah tumbuh.

Dengan rajin mandi, kamu juga dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Sebaiknya, gunakan sabun ber-pH yang sesuai dengan kulit dan mengandung antibakteri.

Pastikan pakaian bersih

Jerawat di punggung juga bisa disebabkan oleh faktor pakaian. Ada juga beberapa kasus jerawat yang disebabkan oleh deterjen yang digunakan untuk mencuci baju. Jadi, kalau jerawat kamu tidak mereda, coba ganti deterjennya dengan yang tidak terlalu wangi dan aman untuk kulit sensitif.

Kurangi pemakaian baju yang terlalu ketat

Baju yang terlalu ketat juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Buat kamu para perempuan, usahakan pilih bra yang agak sedikit lebih longgar. Kamu bisa mencoba untuk tidak menggunakan pakaian ketat selama satu minggu. Jika jerawat mereda, bisa jadi itu tanda pakaian yang selama ini digunakan terlalu ketat.

Jaga asupan makan

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal, tetapi juga masalah dari dalam tubuh. Oleh karena itu, coba rutin konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin untuk membantu penyembuhan jerawat dari dalam.

Selain itu, hentikan sementara konsumsi makanan-makanan cepat saji, minuman bersoda, es krim, cemilan manis, kentang goreng, dan mi instan

proposal bisnis

Tips Membuat Proposal Bisnis yang Menarik, Cocok Buat Influencer!

TikTok Awards

Wow, Bakalan Ada TikTok Awards di RCTI!