in

Sayangi Gajah Asli Indonesia

Ini dia gajah Kalimantan dan Gajah Sumatera

gajah asli Indonesia
Foto: pixabay

Ngobrolin.idTak kenal maka tak sayang. Begitu pula pada hewan yang satu ini, tak kenal gajah maka tak sayang gajah. Yuk, berkenalan dengan gajah asli Indonesia agar semakin bisa menjaga satwa langka yang satu ini.

Gajah memiliki nama Latin Elephas maximus sp. Di Indonesia sendiri, ada dua spesies gajah lokal yang berasal asli dari Indonesia. Pertama, gajah sumatera yang memiliki nama Latin Elephas maximus sumatranus. Kedua, gajah kalimantan atau Elephas maximus borneensis.

Gajah merupakan hewan yang berumur panjang. Ia bisa hidup hingga 30—50 tahun. Sehari-hari, gajah mengonsumsi rumput ilalang, akar pohon, buah-buahan, hingga kulit pohon. Dalam sehari, gajah bisa menghabiskan makanan hingga kurang lebih 136 kilogram!

Tak heran bila hewan berbelalai yang satu ini bisa mencapai bobot tubuh seberat 5.400 kilogram satu ekornya. Berat badan gajah ini sebanding jika dilihat dari besar tubuhnya. Gajah bisa memiliki panjang tubuh hingga 6,4 meter, dengan tinggi 2 hingga 3 meter. Gajah afrika bahkan bisa memiliki berat badan hingga 6.000 kilogram, lho!

Di Indonesia sendiri, gajah hidup di hutan hujan dan semak belukar yang banyak terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan bagian utara. Sayangnya, hewan bertelinga lebar ini kini mengalami ancaman serius.

Kedua hewan berwarna abu-abu ini sedang dalam status yang membahayakan, lho! Gajah sumatera saat ini berada dalam status kritis. Status kritis diberikan bila suatu jenis makhluk hidup terancam punah dan menghadapi risiko tinggi kepunahan di alam liar.

Sementara, gajah kalimantan saat ini berada dalam status terancam, alias sedang menghadapi risiko tinggi kepunahan di alam liar. Jelas, dua hewan kesayangan kita ini sudah saatnya dilindungi dan dijaga.

Berbagai faktor penyebab langkanya hewan bergading ini antara lain adanya degradasi dan fragmentasi habitat. Selain itu, gading gajah juga banyak diburu untuk dijadikan hiasan dinding dan ornamen.

Perdagangan liar daging gajah sering kali menyisakan luka yang amat sadis bagi hewan cerdas ini. Bagaimana tidak, ia bisa ditinggalkan begitu saja setelah kedua gadingnya diambil. Padahal, gading gajah sangat diperlukan oleh gajah untuk mengupas, menggali, dan memindahkan sesuatu. Kebayang, kan, kalau hewan yang satu ini hidup tanpa gading?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu kelangsungan hidup gajah di alam liar. Pertama, melakukan mitigasi konflik dengan satwa liar. Konflik antara gajah dan manusia sering kali terjadi ketika manusia hendak membuka lahan industri baru. Hal ini harus dihindari agar gajah tetap bisa hidup di habitatnya.

Kita juga bisa melakukan kampanye konservasi gajah. Salah satunya adalah dengan menolak menggunakan aksesori berbahan gading gajah, serta mengecam aksi perburuan terhadap satwa yang terancam punah.

 

 

film Toy Story 4

Bo Peep akan Tampil Lagi Lebih Keren di Film Toy Story 4

Saykoji dan Aaron

Kolaborasi Ayah-Anak Saykoji dan Aaron Bikin Gemas!