in

Sayangi Ginjal dengan Cara Mudah

Cukup dengan cara-cara berikut

masalah ginjal
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu organ tubuh paling vital, fungsi ginjal sangatlah krusial. Ginjal membantu tubuh menyaring darah kotor sehingga racun dan kotoran bisa dikeluarkan lewat urine. Jika mengalami masalah ginjal, akibatnya bisa fatal. Yuk, mulai sayangi ginjal dengan hal-hal sederhana berikut.

Konsumsi air putih

masalah ginjal
Foto: freepik

Mengonsumsi air putih secara cukup bisa membantu tubuhmu memelihara ginjal agar tetap sehat, lho. Ginjal sangat sensitif dengan aliran darah. Ketika dehidrasi, tekanan dan aliran darah menuju ginjal juga akan turun. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus menghidrasi tubuh dengan air putih.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan air bagi tubuh dengan rutin mengonsumsi empat hingga enam gelas air per harinya. Jika kamu ingin mengonsumsi lebih dari itu, tidak masalah. Minum air dalam jumlah cukup akan membantu mencegah terjadinya batu ginjal pada ginjal.

Kurangi duduk, perbanyak gerak

masalah ginjal
Foto: freepik

Duduk dalam waktu lama dan terus-menerus akan meningkatkan risiko obesitas, lho. Peluang seseorang terserang kelainan ginjal juga akan meningkat. Sebaiknya, lakukan aktivitas fisik secara rutin. Dengan demikian, akan terjadi peningkatan tekanan darah dan mengurangi kadar glukosa darah. Ginjal pun akan lebih ‘bahagia’ jika kamu melakukannya.

Tidur cukup

masalah ginjal
Foto: freepik

Tak hanya ginjal, seluruh organ tubuh butuh waktu untuk beristirahat. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan anggota-anggota tubuh, termasuk ginjal. Dengan tidur cukup, kamu membantu mengoordinasikan kerja ginjal supaya tetap terlaksana dengan tepat waktu.

Memperhatikan makanan

masalah ginjal
Foto: freepik

Tidak bisa dipungkiri bila tubuh kita adalah hasil dari apa yang kita makan. Terlebih, ginjal berfungsi menyaring hasil metabolisme dalam darah. Secara otomatis ginjal menjadi salah satu pertahanan utama jika tubuh salah mendapat asupan.

Nggak ada salahnya untuk sekali-sekali mengonsumsi makanan cepat saji. Akan tetapi, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan sehat dan alami. Makanan cepat saji umumnya mengandung banyak garam natrium. Ginjal akan kewalahan mengeluarkan natrium dan kalsium saat menyaring darah agar menjadi urine.

Batas konsumsi natrium yang wajar bagi tubuh adalah 2.300 miligram per hari. Jika terlalu banyak, garam natrium ini akan menunjang penumpukan kalsium pada ginjal. Akibatnya, ginjal pun rawan terserang batu ginjal.

lagu Dipha Barus

Lagu Dipha Barus, Kolaborasi yang Bukan Kaleng-kaleng

bersihkan bantal

Bahan Dapur Bisa Dipakai untuk Bersihkan Bantal, Begini Caranya!