in , ,

Sebal dengan Lalat di Rumah? Simak Cara Mengusir Lalat yang Efektif

usir lalat dengan cara ini

mengusir lalat
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kehadiran lalat memang tidak bisa diprediksi dan disadari, lalat bisa datang dan pergi sesuka hati, padahal tidak pernah diundang. Namun, tanpa disadari ada beberapa faktor yang sebenarnya tidak kamu sadari mengundang kehadiran lalat di rumah. Jangan cemas, kamu bisa mengusir lalat dengan beberapa cara di bawah ini.

Daun kemangi

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan atau campuran masakan, daun yang mengeluarkan aroma khas ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir lalat yang masuk ke rumah. Hal ini disebabkan aroma daun kemangi yang sangat tajam sehingga tidak disukai oleh lalat. Lalat yang masuk pun menjadi tidak betah berlama-lama. Kamu bisa meletakkan daun kemangi di daerah yang sering didatangi lalat.

Daun kemangi yang digunakan juga bisa menjaga kebersihan rumah karena mengandung antibakteri dan antivirus.

Kulit jeruk

Kulit jeruk seringkali dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan lebih lanjut, padahal kulit jeruk bisa digunakan untuk mengusir lalat. Bau jeruk dibenci oleh serangga seperti lalat. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan kulit jeruk di pintu , jendela, atau daerah yang sering dihinggapi lalat.

Sebelum diletakkan, jangan lupa menggosok-gosokkan kulit jeruk di area tersebut. Namun, kulit jeruk yang dibiarkan pada tempat terbuka sangat mudah busuk sehingga kamu harus rajin menggantinya.

Kamper atau kapur barus

Kamper atau kapur barus memang terkenal dapat mengusir berbagai macam serangga karena memiliki bau yang menyengat dan tidak disukai oleh serangga dan lalat. Kapur juga mengandung antibakteri dan antivirus. Kamu bisa meletakkannnya di pojokan ruangan untuk mencegah kehadiran lalat dan serangga yang tidak kamu inginkan. Namun, jangan di dekat makanan ya!

Daun pandan

Masih dari bahan alami, kini kamu juga bisa menggunakan daun pandan yang mengeluarkan aroma. Lalat tidak menyukai aroma daun pandang sehingga daun ini mampu mengusir kehadiran lalat. Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengiris daun pandan agar aromanya lebih keluar. Setelah itu, taburkan irisan tersebut di tempat yang sering dihinggapi oleh lalat.

Bawang putih

Cara alami selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Cara pembuatannya cukup mudah, dengan mencampurkan bawang putih, kayu manis, dan bubuk cabai. Haluskan semua bahan dan campurkan dengan air. Gunakan air tersebut untuk disemprotkan ke bagian yang sering dihinggapi lalat.

kalung antivirus corona

Kontroversi Kalung Antivirus Corona Kementan

popcorn mie

Resep Popcorn Mi Kripsi Murah Meriah