in , ,

Sebal Rambut Rontok Terus? Kenali Penyebabnya

rambut rontok
Foto: Pixabay

Pertanianku Rambut rontok merupakan perkara yang cukup menyulitkan dan membuat rasa percaya diri turun. Bagaimana tidak, rambut yang rontok tersebut bisa bertebaran di mana-mana, bahkan bisa masuk ke makanan yang sedang kita makan atau buat. Sebetulnya, penyebab rambut rontok sangat beragam. Jadi, kalau kamu ingin mengatasi permasalahan tersebut, kamu perlu mengetahui sebabnya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu kamu kenali.

Kurang tidur

Kurang tidur tidak hanya berbahaya bagi tubuh dan membuat kantung mata. Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab rambut kamu mudah rontok. Hal ini karena tubuh seseorang menjadi lebih lelah dari biasanya sehingga kebutuhan kulit dan rambut tidak terpenuhi maksimal.

Kulit kepala kering

Kulit kepala kering merupakan pertanda kulit kepala tidak ternutrisi dengan baik. Nutrisi tersebut berfungsi untuk menahan akar rambut sehingga nutrisi yang kurang bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menghindari produk rambut yang bersifat mengeringkan seperti pewarna rambut dan bleaching.

Stres

Banyak orang mengaitkan kerontokan rambut dengan stres. Padahal, stres tidak selalu menjadi penyebab utama kerontokan. Stres berlebih yang tidak dikelola dengan baik dapat meningkatkan kortisol yang bisa mematikan folikel rambut seseorang. Nah, mulai sekarang coba belajar mengelola stres agar rambutmu tidak mengalami kerontokan.

Tidak cocok dengan produk sampo

Penyebab rambut rontok lainnya yang sering dialami adalah tidak cocok dengan produk sampo yang sedang digunakan. Hal ini bisa terjadi karena kulit kepala kamu sensitif sehingga tidak cocok dengan beberapa kandungan yang ada di dalam sampo.

Olahraga dengan intensitas tinggi

Olahraga dengan intensitas tinggi juga bisa menjadi penyebab kerontokan, tapi hal ini jarang disadari. Saat berolahraga, tubuh menghasilkan hormon testosteron yang berlebih sehingga berhenti memproduksi helai-helai rambut.

Faktor gen

Jika dari beberapa hal di atas tidak pernah kamu alami, mungkin saja kerontokan yang kamu alami disebabkan oleh faktor genetik. Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik disebut adrogenetic alopecia (AGA). Hal ini biasanya karena folikel rambut yang sensitif terhadap hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

 

podcast lucu

Rekomendasi Podcast Lucu yang Kocak dan Menghibur

oversharing

Oversharing, Kebanyakan Sharing di Dunia Maya Emang Gak Bagus