in ,

Sebelum Kencan Online, Perhatikan 4 Hal Ini Terlebih Dahulu

Lakukan dengan bijak dan penuh kehati-hatian, ya!

kencan online
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini kencan online sudah bukan menjadi hal yang tabu. Semakin pesat perkembangan teknologi membuat proses komunikasi semakin mudah, termasuk berkomunikasi dengan orang asing. Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu ingin kencan online, toh banyak orang yang berhasil menemukan jodohnya via daring. Namun, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu agar kegiatan kencan kamu bisa berjalan lebih aman.

Bagaimana pun, orang yang akan kamu temui adalah orang asing. Kamu tidak tahu latar belakang hingga karakter aslinya. Bahaya kencan online yang dilakukan sembarangan sudah sangat sering terbukti dari kasus-kasus kejahatan yang sliweran di beranda media sosial dan portal berita. Makanya, kalau kamu sudah memutuskan untuk kencan online, berikut ini beberapa tips agar terhindar dari kejahatan kencan online.

Gunakan fitur video call sebelum bertemu

Sebelum bertemu, sebaiknya kamu berkomunikasi melalui video call terlebih dahulu untuk mengenali wajah, gestur, dan ekspresi. Dengan begitu, kamu bisa mengenal sedikit banyak lawan bicara kamu. Kalau ia gak mau video call dengan banyak alasan, sebaiknya jangan dilanjut deh.

Jangan terlalu terbuka tentang data diri

Saat awal perkenalan, sebaiknya jangan terlalu terbuka tentang data diri, seperti lokasi rumah hingga sekolah atau tempat kerja. Jika lawan bicara kamu bertanya terkait hal tersebut, kamu bisa menjawab secara general, seperti kota tempat tinggal, jurusan kuliah, atau posisi pekerjaan. Kalau ia tetap memaksa ingin tahu, sebaiknya kamu hati-hati, deh.

Bahas hobi atau hal menarik lainnya

Daripada kepo sama identitas pribadi secara detail, sebaiknya kamu mulai coba membahas hobi atau hal menarik lainnya yang sesuai dengan background kamu atau lawan bicara. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengeksplor karakter lawan bicara dan menemukan ketertarikan.

Jangan mudah empati atau baper

Ketika memutuskan untuk menggunakan aplikasi kencan online, kamu akan bertemu secara acak dengan beragam jenis manusia. Nah, kamu bisa saja bertemu dengan orang yang pandai berbicara dan memainkan perasaan serta empati. Jadi, untuk pembicaraan pertama kali jangan pernah dilakukan dengan hati, lakukan pembicaraan secara santai saja dengan topik-topik yang umum.

Jangan memberikan nomor hape kalau belum yakin

Nomor hape menjadi salah satu data pribadi yang penting. Jadi, jangan langsung berikan nomor telepon jika kamu belum terlalu mengenalnya.

resep wedang

Resep Berbagai Macam Wedang, Buat Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan

konten kreator

Tips Menjadi Konten Kreator TikTok Keren Tanpa Sensasi Tapi Bisa Masuk FYP