in ,

Sebelum Masuk Oscar, Film Harus Memenuhi Syarat Ini

Masuk seleksi Oscar, ada syaratnya, lho

lolos Oscar
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belum lama ini, ramai di dunia perfilman seorang sineas yang mengaku karyanya lolos Oscar. Hal ini menjadi pertanyaan karena ada banyak keganjilan terhadap karya-karya yang dihasilkan si sineas. Sebenarnya, apa saja sih syarat lolos Oscar bagi sebuah film?

Durasi

Salah satu syarat film dapat mengikuti seleksi Oscar adalah film tersebut berdurasi lebih dari 40 menit. Hal ini untuk menyeleksi adanya film pendek yang mengikuti perhelatan akbar tersebut. Tentu dalam penilaian Oscar, diharapkan kriteria penilaian yang dilakukan beragam dan menyeluruh terhadap unsur-unsur dalam film.

Film dengan durasi yang terlalu pendek akan memiliki komponen yang kurang beragam ketimbang film dengan durasi yang panjang. Film pendek juga biasanya memiliki makna yang kurang tersampaikan.

Los Angeles

Aturan kedua yang harus dipenuhi jika suatu film ingin ikut serta dalam seleksi Oscar adalah film tersebut mampu menembus bioskop yang ada di Los Angeles. Durasi penayangan film tersebut minimal selama satu minggu dalam jarak waktu yang sudah ditentukan.

Dipilih dengan voting

The Academy Awards akan melakukan voting untuk memilih film-film yang masuk seleksi Oscar. Jadi, seluruh anggota bisa berpartisipasi, tak hanya para komite Oscar. Anggota komite juga bisa memilih pemain kategori pemain terbaik, sutradara terbaik, sinematografi terbaik, dan nominasi-nominasi lainnya yang dilombakan.

Format film

Ada beberapa kriteria format film yang harus dipenuhi jika ingin mengikuti seleksi Oscar. Produksi film harus menggunakan film ukuran 35 milimeter atau 70 milimeter. Format digital yang digunakan adalah menggunakan frame berkisar antara 24—49, atau bisa juga memiliki resolusi proyektor maksimal, yakni 1.080 pixel.

Tak hanya format secara visual, secara audio film yang mengikuti seleksi Oscar juga harus memenuhi syarat. Audio film haruslah memenuhi kualifikasi ST 428-2:2006 D-Cinema Distribution Master.

Dengan banyaknya aturan tersebut, sebuah film memerlukan effort tertentu. Jadi, bila ada sineas yang berhasil memenangkan ajang bergengsi tersebut, menandakan keseriusan para pekerja film di balik layarnya.

membeli rumah

Pertimbangkan Ini Agar Tak Salah Beli Rumah

peradaban Yunani

Bangunan-bangunan Ini Peninggalan Masa Yunani Kuno