in ,

Seberapa Kreatifkah Kamu? Yuk, Intip Cara Jadi Kreatif

cara jadi kreatif
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Ada banyak cara jadi kreatif yang bisa kamu lakukan. Mulai dari rajin mencatat hal-hal kecil sampai menyempatkan diri untuk istirahat sejenak. Nah, cara mana saja yang sudah kamu lakukan?

Melihat hal baru

Kamu bisa mengasah kreativitas kamu dengan melihat banyak hal baru di sekelilingmu. Mulai dari menjelajah tempat wisata yang baru atau hits di kotamu, hingga sekadar mencari tahu film terbaru apa yang sedang ditayangkan.

Dengan terbiasa melihat hal baru, otak pun akan terbiasa untuk merasakan kesegaran. Kita pun akan terlatih untuk menjadi kreatif.

Mencatat banyak hal

Seringkali, ide muncul begitu saja. Ibarat hantu, ia datang tak diundang dan pulang tak diantar. Hal seperti inilah yang bikin ide cemerlang justru kita biarkan terbang. Oleh karena itu, catatlah hal-hal yang menurutmu penting atau menarik.

Sediakan satu catatan khusus tentang ide-ide yang mendadak terlintas di pikiran. Walaupun menurutmu aneh dan tidak penting, bisa jadi suatu saat berubah jadi ide yang lebih keren.

Datang ke berbagai kegiatan

Suka datang ke pameran seni? Atau, mengunjungi berbagai acara kebudayaan? Nggak ada salahnya, lho, buat sekali-sekali berkunjung ke kegiatan tersebut. Selain bertemu banyak orang baru, kamu pun bisa melihat banyak hal menarik. Bisa jadi, hal-hal tersebut bukan yang setiap hari kamu lihat. Ide kreatif bisa berdatangan, deh.

Berkolaborasilah!

Berdiskusi dengan orang lain sering kali melahirkan banyak inovasi baru. Sudut pandang orang yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu bikin berdiskusi bisa menyelesaikan banyak hal.

Begitu pula dengan berkolaborasi. Ajaklah orang-orang di sekelilingmu untuk melakukan hal-hal bersama-sama. Nggak ada salahnya pula berkolaborasi dengan orang baru, selama kalian memiliki visi yang sama dalam mencapai tujuan.

Dengarkan lagu baru

Ini nggak kalah menarik. Seiring banyaknya aliran musik yang berkembang, kamu bisa temukan banyak lagu baru setiap harinya. Nggak perlu cari yang berbayar, dari YouTube sampai berbagai aplikasi menyediakannya, kok.

Hias tempat kerja

Kreativitas juga butuh ruang untuk berkembang. Ruang kerja yang menyenangkan akan membuatmu merasa gembira dalam berpikir. Proses berpikir yang menyenangkan bisa meningkatkan kreativitasmu, lho.

Istirahat sebentar

Lelah berpikir? Istirahatlah. Bagaimanapun, otak butuh jeda untuk beristirahat. Dengan beristirahat pula, sering kali banyak ide berdatangan. Nggak percaya? Coba luangkan waktu sekadar memejamkan mata, mendengarkan lagu, atau melakukan perenggangan sebentar.

Latih! Latih! Dan terus latih!

Ini yang paling penting. Kreativitas akan muncul dari konsistensi latihan yang rutin. Jangan lupa untuk selalu latihan. Ada banyak jenis latihan untuk meningkatkan kreativitas, lho.

 

resep minuman avokad

3 Resep Minuman Avokad, Bisa Jadi Apa Saja?

jenis cat untuk melukis

Yuk, Kenali Jenis Cat untuk Melukis