in , ,

Seberapa Penting Itinerary Liburan?

Rencana memang tidak bisa berjalan dengan lancar, tapi gak ada salahnya untuk membuat itinerary, kok!

itinerary liburan
foto: unsplash

Ngobrolin.id Itinerary merupakan rencana perjalanan yang akan kamu lakukan. Istilah ini semakin populer ketika banyak traveller yang aktif di media sosial. Namun, masih ada juga wisatawan yang tidak merancang itinerary liburan karena dirasa kurang efektif.

Sebenarnya, itinerary cukup penting dibuat ketika kamu liburan dalam jangka waktu yang tidak lama atau ketika mengunjungi tempat asing tanpa tour guide. Dengan perencanaan yang jelas, kegiatan liburan kamu bisa berjalan lebih terarah.

Pembuatan rencana perjalanan juga berguna untuk mengestimasikan besaran biaya yang kemungkinan akan dikeluarkan. Rencana tersebut dapat membuat kamu menjadi tidak buta ketika sedang liburan.

Namun, beda ceritanya kalau memang kamu menggunakan tour guide atau memiliki relasi di daerah tersebut. Kemungkinan besar kamu tidak memerlukannya, meskipun tidak ada salahnya juga untuk merancang itinerary agar tidak bingung ketika sudah sampai di lokasi.

Rencana perjalanan memang tidak bisa akurat 100 persen karena pasti ada saja kejadian tidak terduga yang bisa dialami ketika sedang liburan. Misalnya, macet panjang, hujan, badai, ban kendaraan kempes, nyasar, dan sebagainya.

Nah, oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyusun rencana perjalanan. Kamu perlu meriset tentang kondisi lokasi wisata yang dituju, kondisi trayek wisata, harga tiket, dan cuaca yang kemungkinan akan terjadi di hari keberangkatan.

Kalau sudah mendapatkan gambaran secara umum mengenai kondisi lokasi wisata, kamu bisa merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, misalnya berfoto, wisata kuliner, atau kegiatan outdoor lainnya untuk mengestimasikan berapa banyak waktu yang perlu dihabiskan.

Riset tersebut perlu dilakukan pada semua destinasi. Setelah mendapatkan daftar destinasi yang ingin dikunjungi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana perjalanan berdasarkan letak destinasi tersebut. Hal ini sangat berguna untuk mengestimasikan jarak tempuh yang dibutuhkan dari satu lokasi ke lokasi lain. Kegiatan ini bisa semakin mudah jika kamu menggunakan GMaps.

Kamu bisa menandai beberapa lokasi yang sudah dipilih, selanjutnya lihat jarak tempuhnya. Usahakan mengunjungi lokasi wisata secara berurutan dari yang paling terdekat dengan lokasi pertama yang dikunjungi agar waktu liburan kamu tidak hanya habis di jalan.

 

 

 

sebelum iblis menjemput ayat 1

Teror Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1, Anak Kecil Gak Boleh Nonton ya!

hibernasi ketika liburan

Liburan Cuti Akhir Tahun di Rumah Saja? Saatnya Hibernasi untuk Menyegarkan Pikiran