in ,

Sedang Terjebak di Ruang Nostalgia, Ternyata Ada Manfaatnya

Ku terjebak di ruang nostalgia….

terjebak nostalgia
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Nostalgia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kerinduan yang kadang-kadang berlebihan pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau yang sudah tidak ada saat ini. Lebih sederhananya, nostalgia merupakan perasaan rindu pada kenangan manis di masa silam. Banyak orang yang secara tidak sengaja terjebak nostalgia ketika melihat sesuatu atau bahkan ketika tidak melakukan apa pun.

Terjebak di ruang nostalgia, kalimat yang tidak asing karena memang merupakan penggalan dari lagu musisi Raisa. Namun, perasaan ini sering kali membuat banyak orang tiba-tiba merasa sedih dan kurang bersemangat untuk melanjutkan aktivitas karena ingin larut serta mengingat-ingat kenangan masa lalu. Sebenarnya, nostalgia punya beberapa manfaat digunakan dengan benar. Simak ulasannya di bawah ini!

Meningkatkan mood

Nostalgia sering dipicu karena emosi yang sedang dirasakan saat ini. Nostalgia yang dirasakan dapat membuat seseorang jadi ingat atas apa yang sudah didapatkan asalkan kamu tidak fokus pada rasa kehilangan atas apa yang tidak bisa kamu dapatkan kembali saat ini.

Misalnya, seperti kehilangan hewan peliharaan. Nostalgia dapat membuat kamu bersemangat ketika mengingat masa-masa indah bersama hewan peliharaan, tetapi bisa membuat kamu bersedih jika hanya terfokus pada saat-saat kehilangan hewan peliharaan.

Menciptakan rasa bahagia

Mengenang memori masa lalu membuat otak melepaskan perasaan bahagia. Makanya, banyak orang yang merasa senang ketika melihat foto-foto lama dan mengingat kembali rasa bahagia yang pernah ada saat itu. Bagi sebagian orang yang sudah makan asam garam kehidupan cukup banyak, hal yang paling bahagia ialah merasakan hidup tanpa beban saat masa transisi dari anak-anak menuju remaja.

Membuat hidup menjadi lebih bermakna

Mengenang masa lalu dapat membantu kamu menghubungkan pengalaman dan kehidupan saat ini untuk menemukan makna hidup yang mungkin selama ini tidak kamu rasakan karena tekanan dan stres yang terlalu membuncah. Dari nostalgia, terkadang ada perasaan bittersweet yang ternyata mampu membuat mood kamu meningkat dan menekan stres yang sedang dirasakan saat ini, lho!

Biar nostalgianya gak sedih-sedih mulu, coba sesekali ajak teman kamu untuk terjebak di dalam ruang nostalgia yang sama biar makin seru dan ada orang yang mengingatkan kamu untuk tidak selamanya berada di ruang nostalgia.

17 Selamanya

17 Selamanya, Drama Seri Terbaru dari Rizky Nazar dan Syifa Hadju

MRT

Semakin Keren, Kini MRT Menyediakan Fasilitas Membaca Untuk Penggunanya