in ,

Sejarah Lomba Panjat Pinang

ternyata ini cerita di balik lomba panjat pinang

panjat pinang
foto: https://pesisirbaratkab.go.id/

Ngobrolin.id — Tidak hanya tukang bendera yang mulai bermunculan di pinggir jalan, penjual batang pinang yang sudah dimodifikasi untuk digunakan saat perlombaan panjat pinang juga mulai bermunculan di beberapa tempat. Namun, tahukah kamu bahwa lomba panjat pinang dilarang di beberapa daerah karena sesuatu hal, seperti berbahaya dan tidak mengandung nilai edukasinya. Daerah yang sudah jelas-jelas melarang perlombaan ini adalah Aceh.

Tradisi lomba panjat pinang atau dikenal dengan geasy pole sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Saat itu, orang Belanda sering mengadakan acara lomba panjat batang pohon pinang yang sudah digantungkan beberapa hadiah di puncak batang pinang. Acara perlombaan ini sering digelar untuk meramaikan acara pernikahan, kelahiran, dan acara lainnya.

Hadiah yang digantung pada bagian ujung batang adalah gula, kopi, keju, aneka makanan, pakaian, dan hadiah-hadiah lain yang menarik perhatian.

Para masyarakat pribumi harus berlomba-lomba memanjat batang pinang yang sudah diberi pelumas seperti minyak atau lumpur untuk mendapatkan semua hadiah yang digantung. Masyarakat harus bersusah payah memanjat batang yang licin, sedangkan orang-orang Belanda tersebut menyaksikan aksi tersebut sambil tertawa terbahak-bahak.

Namun, di sisi lain sebenarnya panjat pinang memiliki arti filosofis yang sangat baik. Salah satunya, mengajarkan para peserta untuk tolong-menolong agar mendapatkan hasil yang bagus. Pasalnya, perlombaan ini memang sangat membutuhkan kerja sama tim yang solid agar mampu meraih hadiah yang digantung di puncak batang pinang.

Sebenarnya, perlombaan ini juga memiliki nilai edukasi, mulai dari gotong royong, demokrasi, pendidikan, keuletan, hingga strategi.

Ternyata, panjat pinang tidak hanya diselenggarakan di Indonesia, tetapi juga dikenal di beberapa negara seperti Cina, Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Belanda, Rusia, serta beberapa negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Lomba panjat pinang memang menjadi salah satu hal yang sangat ikonik di perayaan Hari Kemerdekaan. Terlepas dari pro dan kontranya, panitia seharusnya sudah menyiapkan beberapa strategi untuk meminimalisir risiko kecelakaan pada peserta. Tentunya, kalau acara berjalan dengan aman dan lancar, suasana akan semakin meriah.

 

 

 

beirut

Ledakan Besar di Beirut Libanon

Dynamite

Jadwal Rilis Dynamite BTS, Single BTS Berbahasa Inggris