in ,

Sejarah Rantang Susun, Kamu Pernah Punya atau Malah Dapat Kiriman Makanan Rantang?

pernah merasakan masa jayanya rantang?

rantang susun
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Entah, saat ini masih ada tradisi kirim makanan rantang atau ada yang menggunakan rantang untuk membawakan makanan. Rantang susun sudah menjadi bagian dari sejarah yang menjadi identik dari Indonesia. Masyarakat dulu sering menggunakan tempat makan susun ini untuk membawa berbagai macam jenis lauk pauk, sayur, dan kudapan untuk pekerja.

Dahulu, para pekerja yang terbilang mampu biasanya menggunakan kotak makan dari kayu yang terlihat mewah. Sementara itu, mereka yang kurang mampu menggunakan kotak makan terbuat dari kaleng biskuit daur ulang.

Kaleng biskuit tersebut sudah ada pada sejak 1800-an. Baru setelah era 1850-an muncul kotak makan logam dan pada 1860-an kotak makan tersebut sudah mulai digunakan oleh masyarakat.

Setelah 1904, muncul produk termos vakum yang dinilai lebih canggih. Termos vakum bisa membuat makanan tetap hangat meskipun sudah dibawa cukup lama. Pada masa 1960-an akhirnya muncul kotak makan yang terbuat dari bahan plastik. Kotak makan ini sering digunakan oleh anak-anak.

Meskipun awalnya lebih sering digunakan untuk mengantar makanan kepada pekerja. Rantang susun justru menjadi salah satu peralatan yang wajib dibawa ketika piknik oleh para ibu.

Tapi, sadar gak sih, kalau sebenarnya penggunaan rantang itu memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan sampah. Jadi, jangan menuduh mereka yang masih senang menggunakan rantang itu kuno atau gak kekinian, ya. Bisa jadi mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi sehingga lebih memilih menggunakan rantang yang tidak menimbulkan sampah plastik.

Biasanya rantang terkenal dengan susunan kaleng bulat yang terdiri atas beberapa tingkatan. Susunan rantang disatukan dengan besi pengait yang berada di dua sisi rantang. Di bagian tengah atas rantang juga ada besi yang berfungsi sebagai pengunci agar rantang tidak mudah goyah. Penyusunan rantang tersebut terinspirasi dengan keranjang bambu yang biasa digunakan untuk memasak dimsum.

Di wadah paling bawah biasanya diisi dengan nasi atau sayur, dan di wadah tingkat selanjutnya berisikan lauk pauk.

Kini, rantang masih sering digunakan untuk kemasan atau pajangan yang erat kaitannya dengan tema vintage.

 

tampon

Tampon dan Pembalut, Apa Bedanya?

menstrual cup

Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan