in

Sejarah Seblak si Kerupuk Letoy yang Mampu Menggoyang Lidah

street food Indonesia yang wajib dicoba

seblak
foto: id.wikipedia

Ngobrolin.id — Siapa yang tak tahu seblak, makanan berkuah yang identik dengan aroma kencur, ditambah lagi cita rasanya yang pedas. Seblak dan pedas memang merupakan pasangan yang sah untuk memanjakan lidah pencinta kuliner. Tapi, tahukah kamu sejarah seblak yang sesungguhnya? Yuk, simak sejarah seblak si kerupuk letoy penggoyang lidah!

Seblak digadang-gadang sebagai makanan yang berasal dari Kota Bandung. Namun, ternyata seblak memiliki kembaran yang sudah lebih dahulu tercipta dan berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, yang bernama sumpiuh.

Sumpiuh sendiri sering dipanggil dengan nama seblak sumpiuh. Sumpiuh terbuat dari kerupuk udang yang tidak melalui proses penggorengan, tetapi proses perebusan atau digodog. Ini yang membuat sumpiuh disebut kerupuk godong.

Kerupuk yang digodog akan memiliki tekstur kenyal seperti seblak. Begitu ceritanya mengapa kedua makanan ini sering disangkutpautkan. Sumpiuh sendiri sudah lahir sejak 1940-an, sedangkan seblak baru lahir pada 2000-an ke atas.

Seblak dibuat dari kerupuk kenyal yang ditumis bersama bumbu khas beraroma kencur. Nama seblak berasal dari bumbu yang terbuat dari bahan cikur dan kencur. Saat pamor seblak baru beranjak naik, makanan ini hanya berada di tempat-tempat tertentu. Namun, sekarang sudah banyak akang-akang yang berlogat Sunda menjual seblak keliling di berbagai daerah.

Cita rasa seblak memang sangat sesuai dengan kriteria makanan favorit orang Indonesia. Rasa rempah yang kuat disertai rasa pedas membuat makanan ini memiliki banyak penggemar setia.  Selain itu, seblak sebenarnya juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah dan dijadikan ladang untuk berbisnis.

Kini para penjual seblak sudah sangat kreatif. Seblak sudah tidak monoton hanya terdiri atas rendaman kerupuk. Penggunaan berbagai macam bahan makanan lain sudah kerap digunakan untuk topping seperti bakso, ceker ayam, tulang ayam, sosis, kornet, kwetiau, tahu, dan bahan-bahan lainnya yang dirasa cocok untuk digabung dalam dunia ‘perseblakan’.

Penggemar seblak pun bukan hanya berasal dari kaum masyarakat biasa, melainkan juga berasal dari kalangan menengah ke atas. Tak heran jika banyak outlet seblak kekinian mulai bermunculan.

 

disney channel music

4 Penyanyi Terkenal Jebolan Disney Channel Music

gado-gado

Kamu Sudah Tahu Belum Sejarah Gado-Gado?