in ,

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah yang Kini Dikelola Negara

Tempat wisata yang ditujukan untuk membangkitkan rasa cinta tanah air

taman mini indonesia indah
foto: instagram @tmiioficial

Ngobrolin.id — Coba deh kamu buka rekomendasi tempat hiburan di Jakarta, pasti Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat menjadi TMII menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan. TMII memang sudah menjadi salah satu ikon Jakarta yang sulit dilepaskan, banyak wisatawan yang berasal dari berbagai daerah penasaran dengan lokasi wisata yang menyajikan beragam jenis kebudayaan Indonesia serta kekayaan flora dan fauna.

Ide pembuatan taman rekreasi yang menampilkan unsur adat dan budaya Indonesia dicetuskan oleh Siti Hartinah Soeharto, istri Presiden Soeharto yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien. Ide tersebut tercetus pada 13 Maret 1970. Ide tersebut semakin mantap ketika Ibu Tien melakukan kunjungan kerja ke berbagai negara dan melihat objek wisata di setiap negara tersebut.

Ibu Tien membayangkan jika ada miniatur Negara Indonesia yang lengkap menampilkan beragam seni dan budaya dari berbagai daerah. Dengan begitu, masyarakat Indonesia bisa lebih mudah mengenal kekayaan budaya bangsa sendiri sehingga diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

Proyek pembangunan Taman Mini Indonesia Indah akhirnya dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita. Proyek tersebut dibangun sejak 1972 hingga 1975. Pembangunan utama proyek ini dilakukan untuk membangun peta relief minatur Indonesia berikut dengan penyediaan air, Tugu Api Pancasila, Rumah Joglo, dan Gedung Pengelola. Tanggal peresmian tempat wisata ini jatuh pada 20 April 1975, tepat tiga tahun setelah pembangunan berjalan.

Tidak hanya miniatur Indonesia, TMII juga memiliki 19 museum yang bisa kamu kunjungi. Selain itu, ada beberapa destinasi yang menampilkan keindahan flora dan fauna Indonesia dan berbagai hiburan atraktif lainnya.

Saat ini Taman Mini Indonesia Indah sudah diambil alih oleh negara setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII, Perpres tersebut mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII yang dilakukan oleh Kemensetneg (Kementerian Sekretaris Negara).

Dilansir dari kompas.com, Pratikno, Menteri Sekertaris Negara menjelaskan bahwa sebelumya dasar hukum TMII merujuk pada Keppres Nomor 51 tahun 1977. Menurut Keppres tersebut, TMII merupakan aset milik negara yang dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. Yayasan Harapan Kita sendiri merupakan milik keluarga cendana.

 

The Box

Sinopsis The Box, Film Pertama Chanyeol

royalti lagu

Sekarang Lagu yang Diputar Secara Komersial di Tempat Umum Wajib Bayar Royalti