in

Sekarang Baju Seragam Satpam Mirip Baju Polisi, Ini Alasannya!

Ketahui perbedaannya di sini!

Seragam satpam
Foto : pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu menyadari kalau saat ini seragam satpam sudah berubah warnanya menjadi lebih mirip baju polisi, yakni cokelat. Saat ini satpam telah mengenakan seragam atasan berwarna cokelat muda dan bawahan berwarna cokelat tua serta beberapa atribut lain seperti tanda kepangkatan.

Perubahan baju seragam satpam dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Peraturan tersebut telah ditandatangani oleh Kapolri Jenderal (Pol.) Idham Azis.

Ternyata perubahan aturan tersebut memiliki empat alasan, yaitu untuk menjalin kedekatan emosional antara Polri dan Satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi satpam, dan menambahkan penggelaran fungsi kepolisian di tengah masyarakat.

Warna cokelat dinilai merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, fondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya. Selain itu, warna cokelat identik dengan warna tanah atau bumi, kayu, dan batu sehingga warna tersebut dinilai lebih alami.

Meski sama-sama berwarna cokelat, sebenarnya baju seragam satpam dan Polri memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut tercantum dalam Perkap No. 24 Tahun 2020 yang menjabarkan baju seragam satpam dan Perkap No.6 tahun 2018 yang menjabarkan seragam polisi.

Secara sederhana, perbedaan baju seragam satpam dan polisi terletak pada tulisan di bagian atas saku seragam, yakni ‘SATPAM’ atau ‘POLRI’. Selain itu, satpam menggunakan tali peluit di bahu kiri atau kanan, sedangkan polisi tidak. Satpam juga dilengkap dengan pentung dan pisau rimba yang multifungsi, sedangkan polisi tidak.

Untuk jenis seragam yang dikenakan satpam sendiri terbagi menjadi lima jenis, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Nah, sekarang kamu jangan kaget lagi kalau tiba-tiba melihat satpam mengenakan seragam berwarna cokelat seperti baju polisi. Selain itu, mulai dari sekarang belajar menghargai profesi satpam yang sudah banyak membantu kamu seperti mengamankan wilayah, membantu kamu menyeberang dan sebagainya. Jangan lupa bilang ‘terima kasih’ setelah dibantu ya!

Film animasi keluarga

Rekomendasi Film Animasi Keluarga yang Seru Ketika Lebaran di Rumah Aja

Pesan penipuan dari whatsapp

Trik untuk Menghindari Pesan Penipuan dari WhatsApp