in , ,

Sekarang Bisa Dapat Uang dari Daur Ulang Sampah Lewat Aplikasi Duitin

terobosan yang bagus nih, guys!

daur ulang sampah
foto: aplikasi Duitin

Ngobrolin.id — Gerakan daur ulang sampah menjadi salah satu solusi yang dinilai mampu mengatasi permasalahan sampah. Jika dahulu gerakan tersebut hanya dilakukan dalam satu lingkup wilayah kecil, seperti tingkat kelurahan, sekarang gerakan tersebut dikemas dengan sentuhan teknologi sehingga mampu menjangkau masyarakat secara luas. Gerakan tersebut dikemas menjadi aplikasi yang bernama Duitin.

Sampah telah menjadi permasalahan yang masih cukup sulit untuk diselesaikan sejak lama. Jumlahnya terus bertambah seiring dengan bertambahnya populasi penduduk. Belum lagi masih banyak orang yang masih belum sadar dengan kelestarian lingkungan sehingga membuat dirinya kurang peduli terhadap sampah yang sudah dihasilkan. Kalau sudah begini, jangankan memilah sampah, membuang sampah di tempatnya saja masih cukup sulit dilakukan.

Aplikasi Duitin mengajak masyarakat untuk memilah sampah yang dihasilkan tiap harinya. Nantinya, sampah-sampah yang masih bisa didaur ulang akan dijual. Hasil penjualan akan masuk ke aplikasi.

Jenis-jenis sampah yang bisa dijual melalui aplikasi Duitin adalah plastik, karton, kaca, minyak jelantah, dan kaleng aluminium foil. Sampah-sampah tersebut cukup sulit diolah sendiri di rumah. Sementara itu, sampah organik seperti sisa sayuran berguna sebagai bahan baku pembuatan pupuk. Dengan begitu, semua sampah yang kamu hasilkan bisa diolah semuanya.

Hasil penjualan sampah akan masuk sebagai Duitin point dan coin. Point merupakan hasil dari berbagai transasksi yang sudah kamu lakukan di aplikasi, sedangkan coin merupakan nilai tukar hasil penjualan atau pembelian sampah daur ulang.

Duit yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk mengisi ulang pulsa prabayar, paket data, token listrik, PDAM, telepon rumah, BPJS, asuransi, retribusi, dan donasi.

Sampah yang sudah kamu pilah nantinya akan diambil oleh picker dari Duitin pada waktu yang sudah kamu tetapkan. Pengambilan sampah dilakukan dengan sistem jumlah minimal, yaitu sekitar 2 kg. Khusus untuk jenis sampah karton berat minimalnya sekitar 2,5 kg.

Aplikasi ini baru bisa digunakan di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Luas cakupannya memang masih kecil, tapi semoga saja aplikasi ini bisa digunakan lebih luas lagi ke berbagai daerah di Indonesia.

 

 

bonsai termahal

Bonsai Termahal, Harganya Sampai Rp18 Miliar!

Tiktok cash

TikTok Cash Diblokir Kominfo, Guys!