in ,

Sekarang UMKM Bisa Buat Iklan Sendiri di YouTube

youtube mulai mengembangkan fitur terbaru untuk membantu para pelaku UMKM

umkm
foto: pexels

Ngobrolin.id — Virus corona memang berdampak pada semua sektor, termasuk sektor UMKM. Banyak pelaku usaha kecil menengah mengalami penjualan yang berkurang drastis. Hal tersebut berakibat pada pengurangan tenaga kerja. Menanggapi hal tersebut, pihak YouTube ingin membantu para UMKM dengan membuat video iklan yang akan ditayangkan di YouTube.

YouTube meluncurkan sebuah tools yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha untuk membuat iklannya sendiri yang akan ditayangkan di YouTube. Tools yang dinamakan YouTube Video Builder ini bisa membantu para pelaku usaha untuk membuat video promosi yang menarik agar bisa meningkatkan penjualan mereka di tengah pandemi Covid-19. Platform ini sudah bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Video Builder dapat membantu pemilik bisnis dari segala segmen yang membutuhkan video promosi secara cepat, terutama di saat seperti ini banyak bisnis yang memerlukan hal itu untuk memperkenalkan produknya kepada pelanggan,” kata Ali Miller, Direktur Manajemen Produk Iklan YouTube seperti dikutip dari laman Kompas.

Masyarakat yang ingin menggunakan alat tersebut hanya cukup memiliki akun Google untuk mengakses Gmail dan YouTube. Jika kamu tidak memiliki akun Google, bisa menggunakan email non-Google yang disambungkan dengan akun Google.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu bisa membuat animasi statis tentang bisnis pada versi beta dari Video Builder. Dalam video animasi tersebut memuat berbagai info yang ditampilkan dalam gambar, teks, foto, dan dipadukan dengan backsound yang bisa diambil langsung dari YouTube. Kamu bisa membuat video berdurasi 6 detik atau 15 detik. Ada beberapa fitur warna background dan font tulisan yang bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Video yang sudah dibuat, bisa langsung dipublikasikan pada kanal YouTube dan bisa dikirimkan ke platform media sosial lain atau disematkan pada situs web.

Pihak YouTube akan mengoptimalkan fitur ini agar video yang sudah dibuat bisa disaksikan oleh seluruh penonton YouTube dan bisa terintegrasi dengan program iklan Google. Namun, YouTube belum menyebutkan di negara mana saja alat ini sudah bisa digunakan, semoga saja cepat diluncurkan di Indonesia agar bisa mendukung para pelaku usaha kecil di tengah pandemi Covid-19.

 

 

zumping

Zumping, Fenomena Baru Putus Cinta Lewat Zoom

semangat berpuasa

Cara Meningkatkan Semangat Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19