in

Selain Lari, Ini Olahraga Kardio yang Patut Kamu Coba

Olahraga, yuk, agar tubuh sehat dan bugar

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Beragam jenis olahraga kardio bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Tidak hanya berlari, ternyata masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan. Dengan demikian, kesibukanmu berolahraga akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Berenang

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Berenang merupakan kegiatan olahraga yang tidak membosankan. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai macam gaya. Selain itu, kini banyak tersedia kolam renang, baik indoor maupun outdoor dengan beragam fasilitas dan pemandangan yang disajikan.

Berenang juga punya banyak dampak positif bagi kesehatan. Renang bisa memperkuat otot, baik bagi penderita asma, hingga meningkatkan kualitas tidur. Renang juga bisa meredakan stres sehingga bisa kamu bisa berolahraga sekaligus menghibur diri.

Zumba

jenis olahraga kardio
Foto: pixabay

Bosan dengan gerakan olahraga yang itu-itu saja? Sudah saatnya kamu coba zumba. Olahraga yang satu ini memadukan gerakan untuk meningkatkan kebugaran dengan musik yang membangkitkan semangat.

Zumba juga dilakukan bersama-sama sehingga kamu tidak akan merasa kesepian saat melakukan olahraga yang satu ini. Psst, kalori yang dibakar saat melakukan zumba juga lumayan, lho. Dalam waktu 30 menit, kamu bisa membakar hingga 300 kalori tubuh.

Bersepeda

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Ingin menikmati suasana pagi atau sore hari yang syahdu? Coba bersepeda keliling daerahmu. Bersepeda merupakan jenis olahraga kardio yang menyenangkan dilakukan sambil menikmati pemandangan.

Bersepeda sebaiknya dilakukan dengan menggunakan perlengkapan pelindung. Selain itu, cari jalur yang tidak terlalu ramai oleh kendaraan bermotor. Selain berbahaya bagi keselamatan, jalur yang masih belum banyak dilalui kendaraan juga kemungkinan masih asri, sejuk, dan udaranya baik untuk berolahraga.

Kickboxing

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Kickboxing adalah seni bela diri yang tak hanya menggunakan gerakan meninju, tapi juga menendang. Olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan dengan olahraga yang itu-itu saja. Kamu membutuhkan stamina dan fisik yang kuat untuk melakukannya. Namun, kalori yang terbakar saat melakukan kickboxing juga cukup besar, lho.

Jalan cepat

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Jika bosan berlari, kamu bisa mencoba jalan cepat sebagai salah satu alternatif. Tentukan jalur yang akan kamu lewati dan berjalanlah dengan gerakan yang cepat. Jalan cepat yang dilakukan konstan mampu membakar kalori hingga 122 kalori hanya dalam waktu 30 menit.

Naik-turun tangga

jenis olahraga kardio
Foto: freepik

Jangan remehkan kegiatan yang satu ini. Naik turun tangga bangunan yang tinggi ternyata baik bagi otot-otot bagian bawah tubuh, lho. Berbagai variasi naik turun tangga juga bisa kamu lakukan, mulai dari mendaki cepat, lompat, hingga lompat menyamping. Pastikan kamu tidak bertopang pada pegangan, ya, saat melakukan olahraga ini.

bubur manis khas nusantara

Bubur Manis Khas Nusantara

negara yang ada di dunia

6 Negara Tertua di Dunia, Ini Sejarahnya