in

Selama di Rumah Saja Tapi Jerawatan? Mungkin Ini Penyebabnya

Mungkin kamu harus lebih memperhatikan barang di sekitar

jerawatan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Selama di rumah saja seharusnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk menghindarkan kulit dari paparan polusi serta debu jalanan yang sering membuat jerawat meradang di kulit wajah. Mungkin awal-awal masa social distancing kulit terlihat menjadi lebih bersih. Tanpa disadari, lama-kelamaan selama di rumah saja, jerawatan malah bermunculan di beberapa titik. Apa sih penyebabnya?

Tenang saja, bukan hanya kamu yang mengalaminya, ternyata banyak orang yang merasakan hal tersebut, padahal sudah hampir satu bulan waktu dihabiskan hanya di rumah tapi jerawatan tetap timbul. Jerawat tak hanya timbul karena kondisi kulit wajah yang kotor, tetapi jerawat timbul karena pola hidup yang kamu terapkan kurang tepat dan berdampak pada kondisi kesehatan kulit wajah. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Banyak pikiran

Kamu pasti pernah mendengar istilah jerawat rindu, kan. Sebenarnya istilah tersebut ada benarnya juga. Saat kamu rindu, kamu akan memiliki banyak pikiran tentang seseorang yang kamu rindukan dan tanpa disadari hal tersebut ternyata bisa memicu jerawat.

Saat pekerjaan di rumah selalu menumpuk dan kamu tidak bisa untuk refreshing seperti biasa sebelum masa social distancing, tentunya hal tersebut akan memperburuk kondisi pikiran dan akhirnya memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, jangan terlalu dipikirkan, sebaiknya ambil jeda untuk merelaksasi tubuh kamu.

Pola makan yang tidak dijaga

Jerawat juga bisa timbul karena makanan yang kamu makan sembarangan. Selama di rumah saja pasti kamu lebih sering lapar mata dan langsung memesan apa yang kamu inginkan. Frekuensi ngemil pun semakin meningkat dibanding di sekolah atau di kantor. Sebaiknya, batasi kebiasaan tersebut dan mulai perhatikan apa saja yang kamu makan, mulai dari nutrisi hingga cara pengolahannya demi menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Kurang minum air mineral

Kondisi dehidrasi bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat karena keseimbangan dalam tubuh kamu sedang terganggu. Jangan lupa untuk rajin minum air putih. Selain bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah, rajin minum air putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pola tidur yang berantakan

Selama di rumah saja memang godaan begadang lebih kuat, kamu bisa bebas streaming film atau bermain game hingga larut malam karena pada esok hari kamu tidak memiliki kewajiban bangun pagi untuk berangkat ke sekolah atau kantor. Padahal, hal tersebut secara tidak sengaja akan menimbulkan masalah pada kulit wajah serta daya tahan tubuh kamu. Jadi, yuk mulai kurangi begadang.

Mengabaikan kebersihan sprei kasur, bantal, dan handuk

Secara tidak sadar benda-benda seperti kasur, handuk, dan bantal adalah benda yang sering bersentuhan dengan wajah. Oleh karena itu, kamu harus rutin menggantinya, minimal 1 bulan sekali. Itu adalah frekuensi pergantian yang sangat minimal sekali, lebih baik lagi jika seminggu sekali.

 

hijrah terindah

Hijrah Terindah: Rekomendasi Novel Penuh Hikmah untuk Remaja

jenis kolak

Jenis Kolak yang Biasa Dijumpai Saat Bulan Puasa