in ,

Selamat Tinggal Nyamuk! Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pengusir yang Ampuh

Tanaman hias nan cantik yang mampu mengusir nyamuk

tanaan pengusir nyamuk
foto Pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu permasalahan yang kerap muncul pada musim hujan adalah nyamuk. Populasi serangga ini bisa naik menjadi dua kali lipat di musim hujan sehingga serangan yang terjadi bisa lebih intens daripada biasanya. Tapi tenang saja, kamu bisa mengusir nyamuk dengan tanaman pengusir nyamuk yang cantik. Jadi, kamu bisa mempercantik rumah sambil melindungi rumah dari nyamuk.

Berikut ini Tim Ngobrolin rangkum beberapa tanaman hias yang cocok banget dijadikan tanaman pengusir nyamuk.

Lavender

Sejak dahulu lavender memang sudah terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bahkan, bunga lavender sering dijadikan bahan baku pembuatan losion pengusir nyamuk. Tanaman ini sering dibagikan oleh pemerintah sebagai tindakan preventif wabah demam berdarah.

Kenikir

Kenikir atau marigold merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tanaman hias dengan bunga yang cantik ini bermanfaat untuk mengusir nyamuk karena mampu menghasilkan aroma yang kurang disukai oleh nyamuk.

Bunga geranium

Selain lavender, bunga geranium juga sudah sangat terkenal sebagai pengusir nyamuk. Bunga geranium lebih sering dikenal sebagai tapak dara. Tanaman ini bisa membuat penampilan rumah kamu menjadi lebih indah dan tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa menanam bunga geranium di pekarangan rumah atau ditanam di pot untuk diletakkan di teras rumah. Tanaman ini dapat bertahan selama tiga sampai lima tahun.

Rosemary

Rosemary terkenal sebagai tanaman hias yang dapat mengusir gangguan hama. Tanaman ini mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh serangga karena mengganggu indra penciuman serangga dan radar nyamuk. Selain bisa menjadi tanaman hias dan pengusir nyamuk, rosemary juga sering digunakan sebagai campuran masakan dan herba untuk merawat kesehatan kulit.

Zodia

Zodia merupakan tanaman pengusir nyamuk yang berasal dari Papua. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Papua untuk mendapatkan zodia karena tanaman ini sudah banyak dijual di e-commere dalam bentuk tanaman hias di pot. Kamu bisa menggunakan daun zodia untuk diusap ke permukaan kulit untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

jeng kelin

Sangat Populer, Apakah Nycta Gina Bisa Kembali Hadir Sebagai Jeng Kelin?

bonsai termahal

Bonsai Termahal, Harganya Sampai Rp18 Miliar!