in , ,

Semakin Mudah Urban Farming dengan Aplikasi Gerakan Bogor Berkebun

Urban farming semakin mudah

bogor berkebun
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Pemerintah Kota Bogor baru saja meresmikan Gerakan Bogor Berkebun pada Jum’at (3/12) di Kantor Walikota Bogor. Peresmian tersebut langsung dilakukan oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Gerakkan tersebut dikembangkan melalui aplikasi  dan  bekerjasama dengan beberapa instansi di dunia pertanian, salah satunya adalah Trubus Bina Swadaya.

Peresmian gerakkan tersebut disambut baik oleh seluruh kalangan. Pada kesempatan yang sama, turut hadir juga beberapa kelompok wanita tani (KWT) yang berada di kota Bogor. Masing-masing dari KWT menampilkan berbagai macam hasil kegiatan usaha mereka, mulai dari hasil sayuran hidroponik, ternak ayam, ternak kelinci, hinga ternak lebah madu

Pasti kamu sudah tidak asing dengan urban farming, salah satu tren yang popular ketika pandemi terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan informasi sehingga kegiatan tanam menanam yang sudah dilakukan tidak bisa berkembang dengan baik, hasil yang didapatkan hanya cukup untuk kepentingan pribadi.

Padahal, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya dari menanam sayur di pekarangan rumah. Ada banyak teknik urban farming yang bisa digunakan, mulai dari teknik sederhana seperti menanam sayur di lahan hingga teknik akuaponik, yiatu berkebun sayur yang dikombinasikan dengan memelihara ikan. Mungkin kamu mengenalnya dengan sebutan budikdamber (budidaya ikan dalam ember).

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi serta manfaat yang bisa didapatkan dari tren bertanam di rumah,  Pemerintah Kota Bogor merilis aplikasi Bogor Berkebun untuk mendukung pengembangan usaha bertani yang sudah dilakukan oleh masyarakat. Kamu bisa mengakses Bogor Berkebun dalam website BogorBerkebun.com.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengajukan pertanyaan mengenai pertanian, mulai dari cara memilih bibit yang bagus hingga cara memasarkan hasil pertanian. Seluruh jawaban yang dikirimkan oleh pengguna aplikasi akan dijawab oleh call center aplikasi Bogor Berkebun. Dalam aplikasi tersebut juga menyediakan informasi mengenai lokasi KWT yang tersebar di Kota Bogor.  Dengan begitu, kamu sudah tidak perlu bingung lagi ketika ingin mulai bertanam.

Tren urban farming sudah dilakukan di beberapa Negara, baik negara maju maupun yang masih berkembang. Tren ini sudah terbukti dapat menjaga ketahanan pangan masyarakat di negara tersebut. Jika tren urban farming berjalan dengan baik di Indonesia, maka bukan hal yang mustahil jika ketahanan pangan masyarakat Indonesia bisa berjalan dengan baik.  bisa membuat ketahanan pangan di negara ini menjadi lebih stabil.

Selain menjaga ketahanan pangan, kegiatan bertanam di rumah bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling berbagai pengalaman dan  menjadi media untuk menyehatkan kondisi mental di tengah kondisi pandemi.

 

 

 

lagu perpisahan

Lagu Kekinian yang Cocok untuk Perpisahan

nabung atau investasi

Persiapan Masa Depan, Bagus Nabung atau Investasi?