in

Seni Komedi Manzai, Sudah Pernah Nonton?

seni komedi manzai
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu mendengar istilah seni komedi manzai? Manzai sendiri merupakan seni komedi yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Seni ini dikenal sebagai adegan lawak antardua orang yang dilakukan di depan penonton.

Dua orang tersebut melakukan percakapan. Karena merupakan komedi, percakapan yang dilakukan pun berupa hal-hal lucu, janggal, atau tidak masuk akal. Jika di Indonesia mengenal budaya bersahut pantun, manzai juga dilakukan dengan saling bersahut-sahutan dan nada bicara yang berirama.

Satu orang akan berperan sebagai si pintar. Si pintar ini disebut juga sebagai tsukkomi. Ia bertugas melempar umpan kalimat bagi orang lainnya. Orang lainnya ini akan bertugas sebagai si bodoh atau boke. Ia akan terus bercerita hingga penonton tertawa.

Pertunjukan manzai hampir mirip dengan stand up comedy. Istilah manzai sendiri mulai dikenal pada 1933 oleh seorang promotor senin, Yoshimoto Kogyo. Waktu itu, manzai sering disamakan dengan seni bercerita khas Jepang, mandan.

Pelaku manzai biasanya disebut sebagai manzai-shi. Sepasang pemain manzai disebut sebagai kombi. Jika kebetulan pasangan pemain manzai itu merupakan suami dan istri, mereka disebut sebagai meoto manzai. Manzai yang berasal dari Kansai disebut juga sebagai kamigata manzai.

Bisa dibilang, pelawak manzai punya lebih banyak kebebasan untuk mengekspreksikan komedinya. Pelaku manzai boleh berbicara sambil memperagakan berbagai hal. Mulai dari melakukan gerakan aneh, berjoget, sampai memberi pukulan kepada si bodoh.

Biasanya, manzai dilakukan tanpa musik. Meskipun demikian, ada pula pemain manzai yang menggunakan alat musik ataupun musik latar. Kini, manzai tak cuma dilakukan dua orang saja. Manzai gaya baru bisa dilakukan oleh tiga orang hingga lebih.

Busana para pelaku manzai adalah pakaian pesta. Biasanya, mereka akan memakai pakaian yang paling bagus. Manzai pria menggunakan kimono atau setelan jas lengkap dengan dasinya. Sementara, manzai wanita bisa menggunakan kimono atau baju terusan dengan warna mencolok. Tak lupa, manzai wanita juga memakai sepatu hak tinggi.

Kini, banyak pemain manzai tampil di televisi. Bedanya, mereka biasanya hanya mengenakan pakaian sehari-hari.

 

Adam Levine

Featuring Adam Levine, Lagu-lagu Ini Jadi Makin Populer

manfaat senyuman

Manfaat Senyuman Bisa Meringankan Hukuman Bahkan Hasilkan Uang Lho