in

Sepeda Bukan Sembarang Sepeda, Ini Jenisnya

Sepedaan, yuk

jenis sepeda
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Kini, sudah jarang orang yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Sebagian besar bersepeda sebagai hobi ataupun untuk berolahraga. Tak heran jika banyak jenis sepeda yang beredar di pasaran dibuat untuk mengakomodasi keinginan konsumen. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sepeda gunung

Nama lain dari sepeda jenis ini adalah mountain bike atau MTB. Sepeda gunung cocok digunakan di area pegunungan. Ciri-ciri sepeda gunung adalah rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar. Rangka ini lebih kuat dari sepeda kebanyakan.

Ukuran roda sepeda gunung juga cukup lebar, yakni ukuran 26 dengan tapak ban yang relatif lebar. Profil tapak seperti ini mampu mencengkeram tanah dan batu. Tak lupa, sepeda gunung juga menggunakan shock breaker di roda depan dan belakang. Sepeda gunung juga memiliki hingga tiga gear di bagian depan dan sepuluh gear di bagian belakang.

Sepeda balap

Seperti namanya, sepeda balap digunakan untuk lomba balap sepeda para atlet. Sepeda ini haruslah memiliki kemampuan bisa melaju dengan kecepatan tinggi, yakni di atas 60 kilometer per jam. Berbeda dengan sepeda gunung, rangka sepeda balap haruslah terbuat dari pipa yang kecil agar ringan dan mudah bergerak.

Diameter roda sepeda balap juga lebih besar dengan roda yang halus. Sebab, sepeda balap biasa digunakan pada medan yang lebih mulus daripada sepeda gunung. Sepeda ini tidak memiliki shock breaker dan bentuk setangnya melengkung untuk memudahkan para atlet merunduk dalam kecepatan tinggi.

City bike

City bike hanya digunakan untuk alat transportasi di dalam kota. Sepeda ini kadang dilengkapi dengan keranjang untuk menaruh barang. Selain itu, bagian belakangnya juga bisa dipasang tempat untuk membonceng. Desain yang disajikan juga lebih sederhana.

Sepeda BMX

Banyak digunakan sebagai sepeda atraksi, BMX diminati mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sepeda BMX memiliki ukuran yang lebih kecil daripada tiga jenis sepeda sebelumnya. Namun, rangka sepeda BMX tak kalah kuat dari sepeda-sepeda tersebut.

Sepeda fixie

Pernah booming di Indonesia sebagai sepeda masa kini, fixie tampil dengan wujud yang unik dan memukau. Sepeda ini tergolong ramping dan ringan. Warna-warna yang biasa digunakan pada sepeda fixie juga unik, yakni warna terang dan cerah. Keunikan lain dari sepeda fixie adalah tidak memiliki rem.

Sepeda onthel

Membahas sepeda akan terasa kurang tanpa kehadiran sesepuh yang satu ini. Sepeda onthel merupakan legenda dari para sepeda dan masuk kategori sepeda klasik. Zaman dahulu, sepeda inilah yang digunakan sebagai kendaraan.

jenis jamur beracun

Jamur Menarik Ini Ternyata Beracun

Memilih sepeda

Tips Memilih Sepeda agar Tidak Salah Beli