in

Serba-Serbi yang Dirindukan dari Bulan Ramadhan

bulan ramadhan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Setiap kali bulan Ramadhan akan tiba, para umat muslim sudah bersiap-siap untuk menyambutnya. Ada banyak kebiasaan unik yang hanya muncul di bulan Ramadhan. Pada 2021 ini, umat muslim masih harus berpuasa di tengah pandemi dan keterbatasan sehingga kemungkinan besar rasanya pasti akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini beberapa serba-serbi bulan Ramadhan yang sering dirindukan.

Menantikan sidang isbat

Mungkin kamu sering mendengar kata ‘hilal’. Hilal merupakan bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di langit barat. Hilal baru bisa terlihat setelah matahari terbenam. Hilal ini menjadi penanda awal bulan di dalam kalender Hijriah. Para pemuka agama menggunakan hilal sebagai patokan untuk menentukan awal hari puasa dan dua hari raya umat muslim.

Di Indonesia, keputusan hilal secara resmi diputuskan melalui sidang isbat. Stasiun-stasiun televisi pasti akan menampilkan sidang ini agar masyarakat bisa tahu kapan hari pertama puasa tiba. Biasanya, sidang isbat ditayangkan setelah habis maghrib.

Takjil

Masyarakat menyebut hidangan berbuka puasa dengan sebutan takjil. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil sendiri berarti mempercepat (dalam hal berbuka puasa) atau makanan untuk berbuka puasa. Kata takjil berasal dari bahasa Arab yang berarti menyegerakan. Ketika bulan puasa, kamu bisa menjumpai para penjual takjil yang berderet di sepanjang jalan. Mencari takjil menjadi salah satu kebiasaan paling mengasyikkan di bulan puasa.

Takjil gratis

Di bulan puasa, masjid-masjid biasanya menyediakan takjil gratis untuk para musafir dan mereka yang membutuhkan. Entah itu hanya segelas teh atau disajikan bersama gorengan dan lontong. Tidak hanya masjid, ada banyak komunitas yang juga memberikan takjil secara cuma-cuma untuk pengendara di jalan, lho!

Malam pada bulan puasa terasa hidup

Jika pada siang hari umat muslim harus berpuasa, selanjutnya pada malam hari umat muslim akan disibukkan dengan berbagai agenda ibadah. Mulai dari salat tarawih, tadarus, sahur dan menyiapkan sahur, hingga itikaf pada 10 hari terakhir di bulan puasa. Hal ini semata-mata untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci tersebut. Makanya, malam-malam di bulan puasa akan terasa lebih hidup dibanding hari biasanya.

Buka puasa jadi ajang silaturahmi

Di bulan puasa rasanya gak lengkap kalau gak bahas kebiasaan buka puasa bersama atau bukber. Bukber sering dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu.

Nusa Tenggara Timur

Berita Duka Bencana Alam dari Flores Timur

The Box

Sinopsis The Box, Film Pertama Chanyeol