in ,

Sering Baper Sama Cerita Orang, Mungkin Kamu Emotional Sponge

emotional sponge
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pernah gak kamu bertemu dengan orang yang super sensitif, ia bisa langsung merasa sedih dan tertekan ketika mendengar masalah hidup orang lain. Atau, jangan-jangan itu adalah dirimu sendiri? Jika iya, kemungkinan besar itu adalah gambaran dari emotional sponge.

Emotional sponge adalah seseorang yang terlalu mudah menyerap emosi orang lain ke dalam dirinya sendiri sehingga ia bisa langsung terpengaruh dengan energi orang lain. Makanya, orang dengan tipikal ini lebih mudah sensitif dan merasa bersalah.

Menjadi sosok penyerap emosi tidak selamanya baik, meskipun sebenarnya tipe ini adalah pendengar yang baik. Sosok emotional sponge sangat mudah menyerap energi negatif dari orang di sekitarnya sehingga merasa kewalahan.

Selain kewalahan, kamu juga bisa merasa kebingungan untuk menyelesaikan masalah orang lain, padahal itu bukan masalah kamu. Jika kondisi ini terus dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan malah akan mengganggu kondisi kesehatan kamu sendiri.

Jika kamu merasa penjabaran di atas ada pada diri kamu, hal-hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenali batasan dan jangan terlalu memaksakan diri sendiri. Bagaimana pun, kamu memiliki batasan yang tidak bisa dilewati. Kalau sudah sampai di perbatasan tersebut, sebaiknya berhenti dan mulai cari ketenangan.

Ambil waktu untuk menyendiri dan menenangkan pikiran. Kamu bisa melakukan meditasi atau me time untuk meredam semua emosi yang tertampung di dalam diri. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berjalan kaki singkat untuk menghirup udara segar.

Kamu juga bisa mulai berlatih mindfulness agar lebih fokus dengan perasaan kamu. Saat ini sudah banyak kelas mindfulness yang cukup mudah untuk diakses, kok.

Karena kamu mudah menyerap energi dari orang lain, sebaiknya saat ini mulai jaga jarak dengan lingkungan yang bisa memberikan dampak buruk terhadap diri kamu, seperti lingkungan yang toxic.

Jika semua cara-cara di atas sudah tidak bisa mengatasi rasa cemas dan lelah pada diri kamu, sebaiknya segera cari bantuan pada ahlinya, yakni psikolog, terapis, dan semacamnya.

instagram reels

Konten TikTok Gak Bisa Diunggah ke Instagram Reels

singkatan nama makanan indonesia

7 Singkatan Nama Makanan Indonesia, Simak Kepanjangannya!