in

Sering Begadang? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Kebiasan buruk harus diimbangi dengan pola hidup yang lebih baik lagi

sering begadang
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu sering begadang? Kegiatan yang satu ini dilakukan karena banyak hal. Mulai dari pengen nonton bola, masih banyak tugas menumpuk, hingga tidak bisa tidur. Awas! Begadang banyak bahayanya, lho. Lakukan hal ini jika tidak ingin mengalami permasalahan serius karena kebanyakan begadang.

Kamu boleh saja begadang dan kurang waktu tidur di malam hari. Namun, usahakan untuk mencari sinar matahari pada esok paginya. Bagaimana pun, kamu membutuhkan sinar matahari untuk membantu tubuh mengolah vitamin D yang baik bagi tulang.

Terlalu sering begadang kadang membuat seseorang lebih sering bangun di siang hari. Akibatnya, tubuh jadi kekurangan sinar matahari pagi yang baik bagi kesehatan.

Hal berikutnya yang patut kamu waspadai saat begadang adalah keinginan untuk terus mengunyah! Terkesan sepele, tapi pasti kamu pernah mengalaminya bukan? Begadang akan membuatmu lebih sering mengunyah camilan atau makanan lain.

Akibatnya? Berat badan berpotensi meningkat drastis. Konsumsi makanan dan minuman manis di malam hari akan membuatmu mengantuk. Akhirnya, kamu pun akan tertidur dan tubuh akan mencerna makananmu tersebut tanpa dikeluarkan kembali sebagai energi.

Saat begadang, sebisa mungkin alihkan perhatianmu dari keinginan untuk mengonsumsi apa pun. Kamu boleh minum air dalam jumlah cukup dan bila perlu mengonsumsi kopi. Namun camilan manis dan keripik sebaiknya benar-benar kamu hindari.

Kenaikan berat badan ini biasanya terjadi karena kurangnya waktu untuk berolahraga. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Karena kamu sudah sering begadang, sebaiknya sisihkan waktu juga untuk tetap melenturkan fisikmu.

Nggak perlu olahraga berat. Cukup lakukan jogging atau senam sederhana untuk membantu tubuhmu kembali segar dan bugar.

Nggak cuma masalah kesehatan, begadang juga bikin kamu mengalami masalah dengan lingkungan. Terlebih, jika begadang yang kamu lakukan membuatmu tidak sempat untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekiar.

Jangan sampai diri sendiri dicap apatis, ya! Yuk, tetap lakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitar walaupun lewat cara-cara yang sederhana. Kamu bisa menyapa dan memberikan senyuman terbaik kepada mereka.

Yang paling penting untuk diingat adalah hindari begadang untuk alasan yang nggak penting, ya!

 

penyebab keguguran

Penyebab Keguguran, Kenali dan Antisipasi

olahraga sederhana

Jenis Olahraga Mudah untuk Kamu yang Sibuk