in

Sering Dikira Gila, Ini Gejala Skizofrenia

Gejala Skizofrenia
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu mendengar tentang skizofrenia? Gangguan kejiwaan yang satu ini sering disamakan dengan kata gila atau bahkan kesurupan. Gejala skizofrenia ditandai suatu gangguan kejiwaan berupa delusi dan halusinasi. Yuk, kenali gejala skizofrenia.

Gejala skizofrenia dapat dikategorikan dalam beberapa hal. Apabila seseorang sudah mengalami setidaknya dua gejala berikut, kamu perlu waspada. Gejala yang dialami pun harus terjadi dalam kurun waktu minimal 6 bulan.

Halusinasi

Penderita skizofrenia akan merasakan, mendengar, melihat hal yang sebenarnya tidak ada. Ia akan mendengar suara-suara yang menurutnya muncul di sekitarnya. Bisikan-bisikan tersebut bisa jadi menyuruhnya melakukan sesuatu. Selain itu, pengelihatannya pun bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang terjadi.

Delusi

Penderita juga akan mengalami delusi. Ia akan meyakini hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi. Hal ini berkaitan dengan gejala halusinasi. Jika ia terus-menerus merasa, mendengar, atau melihat hal yang sebenarnya tidak nyata, lama-kelamaan ia juga akan memercayai hal tersebut.

Disorganisasi perilaku

Seringkali, penderita gangguan kejiwaan ini akan melakukan gerakan yang aneh dan tidak diperlukan. Ia juga akan berperilaku yang tidak semestinya. Orang normal akan merasa apa yang ia lakukan itu tidak nyata dan tidak semestinya ia lakukan. Namun, para penderita menganggap hal tersebut sungguh-sungguh terjadi.

Gejala negatif

Karena kesalahan pemahaman yang terus-menerus terjadi, penderita skizofrenia akan menunjukkan gejala-gejala negatif. Ia tidak bisa menunjukkan berbagai emosi yang seharusnya bisa dengan mudah ditunjukkan oleh manusia normal.

Selain itu, ia juga bisa kehilangan kehendak beraktivitas. Hal ini menjadi fatal karena bisa mengganggu hubungan sosial penderita dengan keluarga atau teman-temannya. Lama-kelamaan, keinginan untuk berbicara bagi penderita bisa terus menurun.

Disorganisasi bicara

Kecenderungan yang biasa terjadi pada penderita skizofrenia adalah kehilangan fokus saat berbicara atau disorganisasi bicara. Ia akan merasa sangat kesulitan untuk mempertahankan satu topik pembicaraan.

Gangguan kejiwaan skizofrenia merupakan gangguan yang kronis. Lebih dari 150 ribu kasus terjadi di Indonesia. Penanganan yang tepat dan berkala sangat diperlukan oleh pasien.

tiga beruang We Bare Bears

Inspirasi Karakter Tiga Beruang We Bare Bears

soun bihun dan misoa

Kembar Tapi Beda: Bihun, Soun, dan Misoa