in ,

Sering Keliru, Begini Perbedaan Purging dan Breakout

purging dan breakout
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Masih banyak orang yang bingung perbedaan antara purging dan breakout. Hal ini sering terjadi saat kamu mencoba brand skincare terbaru, kulit bisa menjadi lebih sehat atau malah timbul berbagai masalah karena tidak cocok dengan skincare tersebut.

Purging dan breakout memiliki gejala yang hampir sama, yakni sama-sama ditandai dengan jerawat. Jerawat merupakan kondisi yang terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati yang tidak segera diangkat. Tumpukan sel kulit mati tersebut akan menjadi cikal bakal jerawat dan komedo.

Sementara itu, purging merupakan sebuah tanda dari proses percepatan regenerasi kulit. Microcomedone yang ada di bawah kulit akan berubah menjadi whitehead, blackhead, dan jerawat akan muncul di permukaan kulit dalam waktu yang lebih cepat. Namun, fase purging hanya berlangsung sementara, sekitar 2—3 minggu. Setelah itu, wajah kamu akan kembali menjadi sehat.

Purging biasanya terjadi saat kamu menggunakan produk skincare yang mengandung retinol, acids, dan vitamin C.

Jika jerawat dan komedo muncul selama delapan minggu dan kondisinya semakin parah, kemungkinan besar kamu sedang mengalami breakout.

Breakout merupakan reaksi penolakan yang terjadi akibat ketidakcocokan kulit terhadap kandungan di dalam produk skincare. Selain itu, breakout juga bisa terjadi karena proses eksfoliasi yang terjadi secara berlebihan.

Untuk mengenali purging dan breakout, kamu perlu melihat terlebih dahulu kandungan di dalam skincare yang sedang digunakan. Jika produk tersebut tidak mengandung bahan untuk pergantian sel, kemungkinan besar jerawat-jerawat yang muncul merupakan pertanda dari breakout. Begitupun sebaliknya.

Purging biasanya muncul secara bergerombol di daerah yang biasa ditumbuhi jerawat. Sementara itu, breakout biasanya muncul secara acak dan tidak bergerombol. Jerawat bisa muncul di daerah yang tidak biasa ditumbuhi jerawat dan akan terus muncul dengan volume yang besar-besar.

Jerawat yang disebabkan oleh purging akan membaik dengan sendirinya. Kamu hanya perlu mengurangi intensitas penggunaan skincare yang mengandung bahan kimia. Jika kamu mengalami breakout, segera hentikan penggunaan produk dan segera catat kandungan produk yang ada di dalamnya.

film buatan komika

Deretan Film Besutan Komika yang Recommended

rollercoaster tercepat

Rollercoaster Tercepat di Dunia Ditutup Setelah Menelan Korban