in ,

Sering Merasa Hape Bergetar Padahal Tidak Ada Notif?

Halu seperti ada getaran dari hape padahal ga ada notif

merasa hape bergetar
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini hape memang menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Hape bergetar biasanya merupakan pertanda bahwa ada notifikasi yang masuk, baik pesan maupun pemberitahuan lainnya, seperti pemberitahuan media sosial atau berita baru dari portal berita langganan.Namun, pernahkah kamu merasa hape bergetar saat kamu sedang tidak memegangnya dan akhirnya langsung sigap membuka hape.

Sayangnya, itu hanya perasaan. Ketika melihat layar hape, tidak ada sama sekali notifikasi dari pesan ataupun dari mana saja. Jadi, ya hanya perasaan kamu. Fenomena tersebut dinamakan dengan phantom pocket vibration syndrome.

Fenomena ini bisa menimpa siapa saja, tidak pandang bulu. Namun, fenomena ini lebih sering terjadi pada generasi muda yang memang hidup di era teknologi. Biasanya, anak muda yang memiliki banyak media sosial dan sedang dalam masalah sosial, akan lebih sering merasa gelisah jika mereka tidak mengecek ponsel.

Berdasarkan hasil penelitan yang dilansir dari laman helloSEHAT, generasi muda akan selalu memeriksa ponsel mereka secara berskala. Bahkan, akan timbul rasa khawatir jika mereka tidak mengecek ponselnya.

Hal ini terjadi akibat kecanduan pada hape yang sering kali diabaikan oleh generasi muda. Terlalu sering menggunakan hape yang sejatinya adalah barang elektronik akan menyebabkan pengiriman sinyal yang salah kepada neuron bagian tubuh yang sering berdekatan dengan hape.

Hal tersebut akhirnya membuat bingung neuron, apakah getaran yang terjadi berasal dari hape atau benda lain.

Memang fenomena sindrom ini tidak begitu bahaya, namun hal ini menjadi pertanda bahwa diri kamu sudah terlalu lama atau terlalu sering berdekatan dengan hape. Penggunaan yang berlebihan, akan tidak baik bagi tubuh dan mental kamu.

Jika sudah terjadi, sebaiknya kamu cepat menyadari bahwa porsi bermain hape kamu sangat banyak. Mulailah dengan mengurangi bermain hape. Ambil aktivitas di luar ruangan, seperti berjalan-jalan atau bersosialisasi dengan teman-teman. Usahakan jangan menggunakan hape jika tidak perlu. Gunakan hape hanya untuk berkomunikasi.

Kalau perlu, kamu ‘puasa’ bermain media sosial. Tujuannya, agar kamu tidak merasa khawatir atau cemas ingin mengunggah momen-momen dalam akun pribadimu.

ide bisnis 2020

Ide Bisnis 2020 Berdasarkan Hobi yang Lagi Ngetren

lagu yura yunita

5 Lagu Yura Yunita untuk Kamu yang Lagi Patah Hati