in

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Déjà Rêvé dan Déjà vu

déjà rêvé
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Fenomena déjà vu dirasakan hampir oleh semua orang. Kamu pasti juga pernah, bukan? Peristiwa yang aneh ini seringkali membuat kita bingung. Perasaan ‘sudah pernah’ melakukan suatu aktivitas sampai bertemu orang baru yang sudah pernah sebelumnya. Lantas, apakah kamu juga pernah mengalami déjà rêvé?

Kata déjà vu diambil dari bahasa Prancis. Déjà vu berarti ‘sudah pernah dilihat’. Fenomena aneh ini mengundang banyak peneliti untuk membongkar sains di baliknya. Faktanya, sering kali déjà vu terjadi karena adanya kesalahan pada otak di bagian memori.

Memori pada otak ini memindai aktivitas yang sedang kita lakukan. Déjà vu membuat kita merasa sudah pernah melakukannya. Tak hanya aktivitas, déjà vu juga bisa terjadi pada bau, ruangan, ataupun sosok yang baru dikenal.

Sama dengan déjà vu, déjà rêvé juga berakar kata dari bahasa Prancis. Déjà rêvé bisa diartikan sebagai ‘sudah pernah muncul dalam mimpi’. Jika déjà vu terjadi ketika seseorang merasa sudah pernah melakukan suatu hal, déjà rêvé akan mengakibatkan seseorang merasa sudah pernah memimpikannya.

Peneliti pun kembali melakukan penelitian mengenai fenomena ini. Pengalaman déjà rêvé sendiri terjadi saat otak mendapat simulasi elektrik. Hal ini diteliti pada beberapa orang dengan gejala epilepsi. Perasaan pernah bermimpi dalam situasi nyata merupakan bentuk fisiologi yang ada di dalam otak.

Kondisi seseorang yang mengalami déjà rêvé setidaknya bisa dibagi ke dalam tiga kategori. Pertama, seseorang merasa pernah mengalami dan menyadari kapan mimpi tersebut terjadi.

Kedua, seseorang yang mengalami mampu melihat mimpi secara samar. Ia bisa mengenali kejadian setelah bermimpi. Ia juga bisa menuturkan adegan dalam mimpi walaupun secara samar-samar.

Terakhir, seseorang yang tidak pernah merasa bermimpikan hal yang sedang dialami. Hanya saja, ia merasa bahwa kejadian aneh yang dialami tampak seperti mimpi.

Penelitian mengenai déjà rêvé masih perlu banyak dikembangkan. Hingga saat ini, déjà vu dan déjà rêvé diterima sebagai salah satu trik dalam pikiran. Namun, bukan tidak mungkin bahwa suatu saat ditemukan bukti bahwa kedua fenomena tersebut berhubungan langsung dengan pikiran sadar manusia.

Penyebab noda hitam

Pelajari Penyebab Noda Hitam di Wajah

pendiri komunitas Stand Up Indo

Yuk Kenalan Sama Pendiri Komunitas Stand Up Indo