in

Setelah Putus, Sebaiknya Kamu Lakukan Ini

banyak hal positif yang bisa kamu lakukan setelah putus

setelah putus
foto: pexels

Ngobrolin.id Setelah putus memang menjadi hari-hari yang cukup berat bagi seseorang. Bagaimana tidak, biasanya ada tempat untuk bercerita, seseorang yang selalu ada jika kamu butuh bantuan, dan apa pun itu yang bersangkutan dengan kehadiran dia yang pernah ada di hidup kamu. Semua berubah dalam hitungan sekejap. Belum lagi masalah perasaan yang belum juga mereda, tapi kamu harus tetap melanjutkan hari-hari seperti biasa.

Sedih boleh, menangis pun boleh, yang tidak boleh adalah terlalu tenggelam dalam perasaan sedih berkepanjangan sehingga lupa bahwa dunia ini terlalu indah hanya untuk disesali. Sebaiknya, tenangkan diri dengan hiburan yang kamu suka dan isi semua waktu yang ada dengan kegiatan, agar kamu tidak mudah bosan dan kembali sedih.

Stop informasi tentang dia

Memang salah satu cara yang paling ampuh untuk melupakan semuanya adalah memutuskan komunikasi. Dengan kamu mengambil jarak dari dia dan tidak melihat kabarnya di media sosial, kamu bisa lebih fokus untuk menyembuhkan rasa sedih kamu. Setelah sembuh, kamu bisa membuat berbagai rencana dalam hidup yang lebih bermanfaat.

Baru setelah sembuh, kamu bisa menjalin kembali komunikasi sekadar untuk memperbaiki komunikasi yang sempat terputus. Bagaimana pun, dia pernah menjadi teman yang baik bagi kamu. Tapi, itu pun jika kamu inginkan, ya.

Jangan berubah demi dilihat olehnya

Memang banyak orang yang berubah setelah putus. Mereka berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sekilas, memang hal tersebut terlihat baik, tapi alangkah lebih baik lagi kalau memang kamu berubah demi diri kamu sendiri. Karena kamu butuh perubahan tersebut untuk menjadi kamu yang baru. Dengan tidak menjadikan dia sebagai alasan perubahan kamu, kamu jadi bisa lebih mudah melupakannya.

Jangan mengambil keputusan yang tergesa-gesa saat sedih

Saat sedih terkadang pikiran dipenuhi oleh perasaan negatif dan sebisa mungkin hindari mengambil tindakan yang gegabah karena bisa jadi setelah masa tersebut sudah lewat, tindakan tersebut bisa menjadi boomerang bagi kamu, alias jadi bahan ledekan. Sebaiknya, banyak minta pendapat dengan teman sebelum mengambil tindakan agar tidak salah langkah.

Kamu itu berharga, ingat lagi impian

Tenggelam dalam emosi membuat kamu lupa sama apa yang kamu impikan. Jangankan menggapai impian, menjalani kegiatan sehari-hari saja rasanya berat banget, pikiran selalu terbayang ke masa lalu. Sebaiknya, ambil jeda waktu untuk memahami diri sendiri, tenangkan diri dari hirup pikuk masalah. Tata kembali apa yang pernah hancur secara perlahan, jangan tergesa-gesa. Diri kamu juga butuh istirahat.

 

google dan apple

Google dan Apple Berkolaborasi Membuat Alat Pelacak Virus Corona

pekerjaan sampingan

Pekerjaan Sampingan yang Bisa Menambah Penghasilan Selama WFH