in

Siap Dioperasikan, Sudah Cek Rute dan Stasiun LRT Jakarta?

Light rel transit atau yang biasa disebut LRT Jakarta dikabarkan sudah bisa dioperasikan pada bulan ini, lho.

rute dan stasiun LRT Jakarta
Foto: pixabay

Ngobrolin.idLight rel transit atau yang biasa disebut LRT Jakarta dikabarkan sudah bisa dioperasikan pada bulan ini, lho. LRT sendiri merupakan sistem angkutan cepat dengan menggunakan kereta api ringan. Pembangunannya di Jakarta sudah dilangsungkan sejak 9 September 2015. Yuk cek rute dan stasiun LRT Jakarta ada dimana saja.

LRT sendiri digadang-gadang akan terdiri atas enam rute. Rute-rute tersebut meliputi Cawang—Harjamukti, Cawang—Kuningan—Dukuh Atas, Cawang—Jatimulya, Dukuh Atas—Palmerah Senayan, Harjamukti—Bogor, dan Palmerah—Grogol/Bogor.

Pembangunan moda transportasi masal yang satu ini terbagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama, rute yang dibangun meliputi rute Bekasi Timur—Cawang—Kuningan—Dukuh Atas, dan Harjamukti—Cawang.

Tahap kedua pembangunan LRT meliputi jalur Cibubur—Bogor, dan Dukuh Atas—Palmerah—Senayan. Sementara, untuk pembangunan LRT tahap tiga akan dilakukan untuk membangun rute Palmerah—Grogol.

Transportasi ini dibangun dengan struktur melayang di tas tanah. Rel LRT memiliki ketinggian 9—12 meter di atas permukaan tanah.

Stasiun LRT sendiri bisa ditemukan di beberapa titik, lho. Untuk rute Cawang—Harjamukti, kamu bisa naik dan turun LRT melalui Stasiun Harjamukti, Stasiun Ciracas, Stasiun TMII, dan Stasiun Kampung Rambutan.

Nah, kalau kamu mau menaiki rute Cawang—Jatimulya, kamu bisa datang ke Stasiun Jatimulya, Stasiun Bekasi Barat, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, dan Stasiun Jati Bening Baru.

Terakhir, ada 8 stasiun pemberhentian kalau kamu menaiki rute Cawang—Dukuh Atas. Stasiun tersebut adalah Stasiun Cawang, Stasiun Cikoko, Stasiun Ciliwung, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setia Budi, dan Stasiun Dukuh Atas.

LRT sendiri akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi masal yang sudah lebih dulu ada di Jakarta. Transportasi masal tersebut antara lain commuter line atau kereta rel listrik (KRL), busway TransJakarta, dan mass rapid transit atau MRT.

Diharapkan dengan adanya LRT, berbagai aktivitas yang ada di Jakarta pun jadi lebih mudah. Pemilik kendaraan tidak perlu lagi repot menggunakan kendaraan pribadi karena sudah banyak pilihan transportasi publik yang mudah, murah, dan nyaman.

Nah, rute yang kamu lalui sehari-hari ada di jalur LRT ini, nggak, guys?

Melatih anak supaya disiplin

Cara Melatih Anak Supaya Disiplin Saat Makan

gejala cacar monyet

Seperti Ini Tanda dan Gejala Cacar Monyet