in

Siapa Sangka Kalau Permainan Tradisional ini Dulunya Dimainkan Anak Jakarta?

Apakah kamu termasuk orang yang pernah memainkannya?

Permainan tradisional
foto:

Ngobrolin.id — Bicara tentang Jakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Ibu kota Indonesia ini terus mengalami perubahan yang sangat cepat dan signifikan dibanding kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. Dahulu, Jakarta sama seperti kota-kota lainnya, belum banyak gedung bertingkat. Anak-anak Kota Jakarta juga masih memainkan permainan tradisional.

Namun, seiring perkembangan zaman, Kota Jakarta semakin modern dan hal tersebut berimbas pada permainan yang dimainkan oleh anak-anak. Banyak permainan tradisional  yang dulunya disukai kini mulai ditinggalkan. Bahkan, saat ini sebagian besar hanya tinggal namanya karena sudah lama tidak dimainkan dan punah.

Nah, ini dia permainan tradisional yang pernah dimainkan oleh anak-anak Jakarta.

Adu biji karet

Permainan adu biji karet sering dimainkan oleh anak-anak yang tinggal di Kawasan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur. Daerah tersebut dahulunya banyak ditumbuhi oleh pohon karet, makanya banyak biji karet yang berjatuhan di tanah.

Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih untuk saling mengadu kekuatan biji karet. Biji yang retak atau pecah duluan dinyatakan kalah. Biji karet diadu dengan cara menindih biji, lalu memukulnya dengan telapak tangan.

Adu ikan cupang

Dahulu permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak, mereka akan mengadu ikan cupang miliknya dengan ikan cupang orang lain. Permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak yang tinggal di pinggiran kawasan pertanian seperti Gandaria Selatan, Cilandak, Kebayoran Lama, dan Pondok Labu.

Ikan cupang akan dimasukkan ke toples yang dijadikan sebagai arena bertarung. Saat ini permainan adu ikan cupang sudah sangat jarang dilakukan dan ikan cupang lebih sering dipelihara sebagai ikan hias.

Bentengan

Kamu pernah memainkan bentengan? Kalau iya, pasti masa kecilmu lumayan bahagia. Bentengan dimainkan oleh dua kelompok yang saling memperebutkan benteng lawan. Benteng tersebut dapat berupa pohon, tiang, atau batu.

Tok Kadal

Permainan ini sangat populer di Jakarta Timur dan terinspirasi dari anak-anak yang kaget melihat kadal. Permainan dilakukan oleh dua kelompok. Cara permainannya sangat mudah, kelompok yang menang akan mencongkel kayu dari lubang, kemudian dipukul agar terbang jauh. Jika kayu tertangkap oleh kelompok yang jaga, kelompok yang menang dianggap mati atau kalah.

 

becak

Sejarah Becak di Kota Jakarta

lalrangan pakai sunscreen

Langkah yang Tepat Saat Menggunakan Sunscreen