in

Siapkan Mental! Ujian Sebelum Menikah akan Datang dari Sini

Kuatkan mentamu, wahai calon pengantin

ujian sebelum menikah
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Konon, akan ada banyak ujian sebelum menikah. Sudahkah kamu mempersiapkan mental untuk hal tersebut? Ujian itu bisa datang dari siapa saja. Jika mentalmu tidak kuat, bisa-bisa nyalimu ciut dan justru menyerah. Yuk, tetap berjuang karena pelaminan dan bahtera rumah tangga sudah menanti di depan mata.

Pihak pertama yang akan menguji kesiapan mentalmu tentu saja datang dari pihak terdekat, pasanganmu sendiri. Sebelum menikah, kalian akan disibukkan oleh banyak hal. Mulai dari urusan administrasi hingga bunga dekorasi, semuanya harus dipikirkan dengan baik.

Saat lelah, amarah jadi penyaluran negatif yang harus kamu hindari. Hindari berkomunikasi dengan nada tinggi dan terlalu memaksakan pendapat. Kalian berdua sama-sama terbebani karena hal yang sama, jangan pusing sendiri.

Ujian sebelum menikah yang berikutnya akan datang dari kedua belah pihak keluarga dekat, terutama mertua. Jika kamu belum sempat mengenal keluarga pasanganmu lebih dalam, kamu bisa saja tersulut emosi saat berseberangan pendapat.

Relax, take a deep breath. Semuanya akan berjalan lancar. Lakukan komunikasi yang baik dan berdiskusilah untuk hasil yang diinginkan. Terkadang, masalah terjadi hanya karena salah paham dari kedua belah pihak. Jika sudah diluruskan, semuanya akan baik-baik saja, kok.

Tidak hanya keluarga inti, ujian sebelum menikah juga rentan menerpa dari kerabat jauh. Sudah rahasia umum jika di Indonesia, pernikahan bukan hanya menyatukan dua manusia, melainkan juga dua keluarga.

Mereka tentu menginginkan hari bahagiamu berlangsung dengan baik. Tak heran bila saran-saran diberikan dan terkesan memaksamu mengikuti kehendak mereka. Jangan dibantah, dengarkan saja seluruh saran tersebut. Menolak secara tegas justru akan memperkeruh suasana.

Saran yang kamu dapatkan dari kerabat jauh tersebut bisa kamu pertimbangkan dengan pasangan. Namun, jika terlalu jauh dari rencanamu, lebih baik tidak usah dilakukan.

Tak apa jika kerabatmu atau kerabat pasanganmu merasa kecewa. Toh, kita memang tidak bisa membuat semua orang bahagia bukan?! Tetaplah sesuai dengan langkah awal yang sudah kamu dan pasanganmu sepakati karena ini adalah hari penting kalian berdua, bukan mereka.

Ujian ini juga bisa datang dari orang terdekat lainnya, seperti tetangga atau teman yang sudah menikah. Tentu saja mereka yang lebih tahu mengenai kehidupan rumah tangga akan banyak memberimu nasihat. Jangan ambil pusing. Ambil masukan tersebut sebagai saran, tapi jangan terlalu dipikirkan.

Terakhir, kamu juga harus bisa menjawab keraguan dari diri sendiri. Pastikan kamu benar-benar telah memilih pasangan yang tepat. Sebab, hal itulah yang akan membuatmu bertahan.

pasta carbonara

Pasta Carbonara Dijamin Juara Jika Kamu Buat Seperti Ini

camilan khas Turki

Camilan Khas Turki yang Memanjakan Lidah dan Membekas di Hati