in ,

SIM Patah? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Jangan panik, segera lakukan ini!

perpanajng SIM
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Kejadian tidak terduga bisa terjadi kapan saja dan pasti selalu berhasil membuat jantung berdegup sangat kencang. Tidak ada yang menginginkan tragedi SIM patah karena bikinnya susah dan prosedurnya panjang.

Jika SIM sudah telanjur patah, kamu perlu mengurus SIM baru, tapi kabar baiknya kamu tidak perlu melakukan tes pembuatan SIM dari awal. Kamu cukup melakukan pengajuan pergantian SIM di satuan pelaksanaan penerbitan SIM (Satpas) terdekat.

SIM yang harus dibuat ulang bukan saja SIM yang patah, SIM yang sudah tidak bisa terbaca tapi belum jatuh tempo juga harus diurus untuk dibuat ulang. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menyulitkan petugas yang bekerja di lapangan untuk mengidentifikasi SIM kamu.

Pengurusan SIM yang patah dan rusak harus segera dilakukan. Karena jika tidak, polisi bisa menilang kamu karena lalai dan kartu SIM yang dimiliki dinyatakan sudah tidak berlaku.

Namun, sebenarnya polisi tidak akan langsung mengambil tindakan untuk menilang. Polisi biasanya akan memberikan edukasi terlebih dahulu kepada pengendara untuk segera memperbaiki SIM tersebut.

Mengurus SIM yang rusak atau patah cukup mudah, kok! Kamu hanya perlu mengurus administrasi pengajuan penggantian SIM karena hilang atau rusak, fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku bagi Warga Negara Indonesia dan mengisi surat keterangan kehilangan SIM dari kepolisian.

Sementara, untuk Warga Negara Asing yang akan mengajukan penggantian SIM harus membawa dokumen keimigrasian dan mengisi surat keterangan kehilangan SIM dari kepolisian.

Seluruh syarat tersebut biasanya akan dijelaskan langsung di loket pendaftaran. Kamu hanya perlu mengikuti seluruh prosedur yang sudah dijelaskan dan menyiapkan seluruh dokumen yang disediakan.

Sistem pergantian SIM yang patah atau sudah tidak terbaca hampir sama dengan sistem perpanjangan SIM.

Meskipun cara penggantiannya cukup mudah, sebaiknya kamu jaga SIM sendiri jangan sampai patah. Kan, sayang sekali waktu kamu jadi terbuang untuk mengurus pergantian SIM yang bisa memakan waktu. Jangan letakkan SIM sembarangan karena SIM merupakan dokumen penting seperti KTP yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengisi data pribadi.

Kamu bisa langsung melapisi SIM yang baru jadi dengan bahan pelapis. Biasanya, ada yang menyediakan jasa tersebut di sekitaran area Satpas.

film Thailand

Rekomendasi Film Thailand yang Bagus dan Kocak

floating market bandung

Floating Market Bandung, Tempat Wisata Sekaligus Kulineran Terlengkap