in

Simak Cara Membuat Kopi Tubruk

cara yang mudah untuk dicoba dan hasilnya gak kaleng-kaleng

kopi tubruk
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Membuat kopi tubruk pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa ada teknik khusus untuk menghasilkan kopi tubruk yang enak. Metode yang satu ini merupakan metode favorit untuk menghasilkan seduhan optimal. Sebenarnya, metode ini merupakan cara standar dunia dalam memproses penilaian kualitas cita rasa pada sebuah kopi.

Untuk membuat kopi tubruk, bahan-bahannya adalah 10 gram biji kopi arabika ataupun biji kopi robusta dan air sebanyak 120 ml dengan suhu 90°C. Alat yang dibutuhkan antara lain grinder manual ataupun grinder elektrik, timbangan digital, ketel listrik, dan gelas saji dengan ukuran kurang lebih 210 ml.

Cara memuat kopi tubruk yang enak:

  1. Panaskan air menggunakan ketel listrik hingga air mendidih. Setelah air mendidih, matikan ketel. Diamkan selama satu menit untuk menurunkan suhunya menjadi sekitar 90—95°C.
  2. Saat menunggu suhu air turun, giling kopi sebanyak 10 gram dengan menggunakan grinder. Kamu dapat menggiling kopi hingga pada tingkatan kasar atau coarse.
  3. Tuangkan air panas ke dalam gelas untuk memanaskan gelas terlebih dahulu dan menghindari turunnya suhu di gelas secara otomatis. Setelah itu, buah air yang berada di dalam gelas. Tuang kopi yang telah digiling kasar.
  4. Atur timbangan pada angka nol, tuangkan air sebanyak 60 ml secara perlahan ke gelas dan dilakukan bersamaan dengan memulai menyalakan timer, semua bubuk kopi harus dipastikan terendam air agar proses pre-infusi dapat berjalan dengan baik.
  5. Diamkan selama 20 hingga 30 detik, biarkan kopi mengambang atau blooming.
  6. Kemudian tuangkan kembali air hingga mencapai 150 ml.
  7. Tunggu kopi selama 4 menit untuk memberikan waktu kopi melepaskan gas dan berekstrasi secara optimal sehingga semua rasa dan potensi yang ada di dalam kopi dapat terseduh keluar menyatu.
  8. Setelah empat menit lamanya, sisihkan bubuk kopi yang mengambang di permukaan.
  9. Jika didinginkan, bubuk kopi yang mengambang dapat kamu buang.
  10. Kopi sudah siap untuk disajikan.

 

tisane

Mengenal Sari Nurmayani, Produsen Tisane yang Mendunia

MasukKampus di Semarang

Siswa-siswi SMA Semarang Ikuti Try Out MasukKampus