in

Solusi Praktis Isi Ruang Kosong Bawah Tangga

Ruang kosong ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik

ruang kosong bawah tangga
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Rumah dua lantai atau lebih dari itu pasti membutuhkan tangga sebagai penghubungnya. Jika tangga yang digunakan berbahan beton atau kayu, akan ada celah kosong di bawah tangga tersebut. Sebaiknya, kamu memanfaatkan ruang kosong bawah tangga untuk hal-hal berikut supaya lebih maksimal.

Lemari penyimpanan

Ruang kosong bawah tangga biasanya tidak berukuran luas. Oleh karena itu, kondisi ini sangat ideal untuk dimanfaatkan sebagai lemari penyimpanan. Kamu tidak perlu lagi membuat penyekat bagian pinggirnya karena tangga tersebut sudah membatasi sisi-sisi lemari. Kamu hanya perlu membuat penutup lemari dari kayu.

Fungsi lemari penyimpanan bawah tangga sangat beragam. Mulai dari menyimpan perabot dapur, peralatan rumah tangga yang jarang dipakai, hingga alat-alat lainnya. Rumah pun akan terlihat lebih rapi jika barang yang tidak terlalu dibutuhkan disimpan pada tempatnya.

Rak buku

Jika ruang kosong bawah tangga tersebut lebih kecil lagi, kamu bisa memanfaatkannya dengan memasang rak buku. Kamu harus menjaga kelembapan tempat ini agar tidak terlalu lembap. Sebab, buku rawan berjamur bila diletakkan di tempat lembap. Cara membuat rak buku pun sangat mudah, cukup dengan memasang tatakan kayu hingga tersusun.

Lemari televisi

Manfaatkan ruang kosong bawah tangga sebagai ruang televisi. Di sisi lain, kamu bisa meletakkan sofa ataupun karpet tebal untuk menonton televisi tersebut. TV yang kamu miliki pun akan terkesan tidak memakan banyak tempat. Kamu bisa kombinasikan rak TV ini dengan rak buku ataupun rak serbaguna.

Kamar mandi

Lain cerita bila kamu memiliki ruangan yang cukup luas di bawah tangga, tapi tidak terlalu luas untuk dirombak sebagai ruangan. Kamu bisa mengubahnya sebagai kamar mandi. Selain tak terlihat dan lebih privacy, adanya kamar mandi di bawah tangga juga bisa mengisi ruang kosong tersebut.

Dapur

Peletakan dapur di bawah tangga adalah hal yang umum dilakukan. Terlebih, bila ruangan bawah tangga menyatu dengan ruangan dapur. Kamu bisa meletakkan rak cuci piring, kitchen set, ataupun menjadikannya tempat menyimpan alat masak yang jarang digunakan. Selain itu, kamu bisa gunakan untuk meletakkan kulkas.

 

karier menggambar

Karier Kekinian Buat Kamu yang Hobi Menggambar

etika menginap di hotel

Etika Menginap di Hotel, Traveler Wajib Tahu!