in

Sopan Santun yang Wajib Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Sopan santun
Foto: pixabay

Ngobrolin.idSopan santun merupakan salah satu pendidikan karakter yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Anak harus dibiasakan selalu hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua, selalu mengucapkan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ ketika diperlukan, dan tidak sungkan meminta maaf jika melakukan kesalahan.

Nah, selain beberapa hal yang sudah disebutkan, berikut ini ada beberapa sopan santun yang wajib Moms ajarkan pada anak sejak dini.

  1. Ajari anak untuk mengatakan ‘permisi’. Khusunya ketika harus melewati kerumunan, bertemu seseorang, atau ingin mendapatkan perhatian seseorang.
  2. Ajari anak untuk tidak menyela. Apakah itu mengganggu percakapan antara dua orang di mana mereka bukan menjadi bagian (kecuali dalam keadaan darurat) atau ketika seseorang berbicara kepada mereka.
  3. Ajari anak bahwa tidak sopan mengomentari karakteristik atau penampilan fisik orang, kecuali sebagai pujian. Orangtua sebaiknya membiasakan anak sedari kecil untuk tidak terbiasa mengomentari, apalagi berkata jahat mengenai penampilan fisik orang.
  4. Ajari anak untuk selalu meminta izin. Penting bagi anak untuk memahami jika mereka tidak yakin saat akan mengambil atau menggunakan sesuatu, selalu bertanya dan meminta izin terlebih dahulu.
  5. Ajari anak tentang kebersihan. Mulai dari hal kecil, seperti ajari anak untuk menutup mulut ketika batuk atau bersin dan tidak pernah makan dengan tangan kotor, apalagi saat mengambil makanan milik orang.
  6. Ajari anak untuk merespons dengan sopan ketika ditanya keadaan mereka. Selain itu, ajarkan juga anak untuk selalu menanyakan pertanyaan itu kembali kepada orang lain.
  7. Ajari anak betapa pentingnya menghormati privasi orang lain. Selalu ketuk pintu yang tertutup dan tunggu respons sebelum membukanya atau tidak mengganggu orang yang tidak ingin diganggu.
  8. Ajari anak membantu orang untuk hal kecil. Misalnya, membantu membuka pintu bagi orang lain atau mengembalikan barang yang jatuh meski bukan mereka yang menjatuhkannya.
  9. Ajari anak sportivitas. Tanamkan sejak kecil pada anak bahwa tidak masalah kalah dalam pertandingan jika memang sudah berusaha semaksimal mungkin.
tips hemat

Tips Hemat Keuangan di Musim Kondangan

mengirim pesan

Trik Membuat si Dia Rajin Mengirim Pesan