in , ,

Sosok Jembatan Youtefa yang Ada di Uang Rp75 Ribu

sosok jembatan yang baru dikenal banyak orang

jembatan youtefa
foto: https://www.kemenkeu.go.id/

Ngobrolin.id — Salah satu gambar di uang pecahan nominal Rp75 ribu yang mencuri perhatian masyarakat adalah Jembatan Youtefa. Ketika uang edisi khusus tersebut disinari dengan sinar ultraviolet, kamu bisa melihat sosok Jembatan Youtefa yang menawan. Hal tersebut sontak membuat orang awam penasaran dengan jembatan tersebut.

Jembatan Youtefa berada di Kota Jayapura dan sudah diresmikan sejak akhir Oktober 2019. Jembatan tersebut dibangun dengan dana sebesar Rp1,8 triliun dan menjadi ikon baru Papua.

Jembatan Youtefa berwarna merah terbentang di atas Teluk Youtefa dan menghubungkan Kota Jayapura, Kampung Hamadi, dan Distrik Muara Tami. Jembatan tersebut merupakan jembatan pelengkung baja terpanjang di Papua. Total panjang jembatan ini adalah 11,6 km.

Sebelum adanya Jembatan Youtefa, perjalanan dari Kota Jayapura yang merupakan kawasan pemerintahan menuju Distrik Maura Tami harus menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun, dengan adanya jembatan berwarna merah ini, masyarakat hanya perlu menempuh jarak 12 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Jembatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Oktober 2019. Dilansir dari Indonesia.go.id, presiden mengatakan jembatan tersebut bisa menjadi tonggak sejarah di Papua dan menjadi simbol untuk pemersatu bangsa serta sumpah untuk membangun tanah Papua.

Pembangunan jembatan tersebut ternyata mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri), lho! Rekor yang didapatkan adalah untuk pengiriman jembatan baja utuh dengan jarak terjauh dan untuk pemasangan jembatan rangka baja dengan bentuk utuh terpanjang.

Jembatan ini dibangun dari hasil kolaborasi antara Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kota Jayapura.

Keberadaan jembatan ini bisa membuat Kota Jayapura di bagian barat bisa berkembang lebih pesat dan terkendali. Pasalnya, daerah tersebut rawan terjadi kerusakan hutan.

Jembatan Youtefa diharapkan bisa menjadi embrio yang dapat membangun kawasan ekonomi di wilayah perbatasan Skouw. Selain itu, pembangunan jembatan ini ditujukan juga sebagai sarana pendukung untuk Kegiatan Pekan Olahraga Nasional yang akan diselenggarakan pada 2020.

 

 

uang Rp75 ribu

Daftar Baju Adat yang Ada di Dalam Uang Rp75 Ribu

jisoo

Jisoo akan Jadi Pemeran Utama dalam Drama Snowdroop