in

Stik Singkong Keju, Olahan Kekinian dari Singkong

Makan singkong dengan cara yang kekinian

stik singkong keju
Foto: instagram nieznirmala

Ngobrolin.id — Suka olahan keju? Pasti kamu bakal suka dengan stik singkong keju yang satu ini. Punya rasa yang unik dan terbuat dari bahan-bahan yang mudah dicari, kamu bisa praktikkan sendiri cara membuat camilan sederhana yang satu ini.

Olahan singkong tentu sangat beragam. Tanaman umbi ini sudah lama dikenal di Indonesia, begitu pula dengan pemanfaatannya. Seiring dengan berkembangnya zaman, olahan singkong pun tidak lagi berkutat di makanan yang itu-itu saja. Salah satunya lewat stik singkong keju yang satu ini.

Untuk membuatnya, kamu akan membutuhkan beberapa bahan berikut. Jangan lupa disiapkan terlebih dahulu, ya.

  • 350 gram singkong
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 100 gram keju cheddar
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • 1 batang seledri

Sebelum membuat stik singkong keju, pastikan kamu sudah mencuci bersih singkong yang akan kamu gunakan, ya. Singkong merupakan umbi yang memiliki kandungan sianida. Namun, sianida tersebut tidak akan membahayakan apabila sudah dibersihkan dengan baik.

Langkah pertama membuat stik singkong keju adalah mengukus seluruh singkong. Masak singkong hingga matang dan lunak. Ciri-cirinya adalah singkong sudah bisa ditekan.

Jika sudah matang, ambil dan tiriskan. Saat masih hangat, lumatkan singkong dengan garpu, sendok, atau ulekan. Ambil bagian sumbu singkong di bagian tengahnya dan lumatkan singkong hingga cukup halus.

Parut keju dengan parutan. Campurkan parutan keju tersebut ke dalam lumatan singkong. Taburkan 3 sendok makan maizena ke lumatan singkong yang sudah ditambahkan keju. Tambahkan pula seledri yang sudah diiris halus. Aduk merata hingga membentuk adonan.

Ambil talenan atau tatakan lain yang berbentuk datar. Tata adonan singkong di atasnya. Ratakan bagian atas dengan menggunakan roller atau gelas yang datar. Pastikan ketinggian singkong tidak begitu tinggi. Jika sudah, iris-iris dengan menggunakan pisau hingga membentuk balok.

Agar tidak mudah hancur, kamu bisa masukkan adonan ini ke kulkas terlebih dahulu sebelum digoreng. Siapkan minyak panas untuk menggoreng. Masak stik singkong keju hingga warnanya keemasan.

Angkat dan tiriskan. Sajikan stik singkong keju dengan tambahan mayones, saus sambal, dan saus tomat.

museum unik di sekitar Kebun Raya Bogor

6 Museum Unik di Sekitar Kebun Raya Bogor

penyakit kulit pada anak

Penyakit Kulit pada Anak, Ini Gejala dan Pengobatannya