in

Stop Anak Berbohong! Lakukan Hal Ini Moms

Tahan amarah, jangan dulu menghakimi, ya.

anak berbohong
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Akan terasa sangat berat bagi orangtua ketika mendapati anak berbohong. Apakah Moms mengalaminya juga? Tentu Moms akan merasa terkejut ketika si kecil sudah tahu caranya berbohong kepada orangtua. Agar si kecil tetap bisa jujur kepada orangtua, sebaiknya lakukan cara-cara ini, ya, Moms.

Cari tahu alasan

Hal pertama yang perlu Moms lakukan ketika mendapati si kecil berbohong adalah mencari tahu alasan sebenarnya mengapa anak melakukan itu. Biasanya, anak akan berbohong bila melakukan kesalahan. Mereka takut untuk mengakui kesalahan tersebut karena khawatir akan tindakan orangtua berikutnya.

Ada pula anak yang berbohong untuk mencari perhatian. Jika alasan kedua ini adalah alasan anak berbohong, sebaiknya Moms segera memberinya perhatian dengan menjelaskan hal yang seharusnya ia lakukan. Ia tak perlu berbohong untuk mendapatkan perhatian, karena hal tersebut justru akan membuatnya mendapat masalah di kemudian hari.

Beri tahu

Bila anak melakukan kebohongan untuk menutupi kesalahannya, Moms harus memberitahunya dengan bijak, ya. Jangan marahi anak atas apa yang ia lakukan. Berterima kasihlah ketika akhirnya anak mengatakan yang sebenarnya.

Beri tahu alasan anak yang sebenarnya mengapa kita tidak boleh berbohong. Berikan penjelasan yang sederhana. Semakin kecil usia si kecil, semakin sederhana penjelasan yang harus Moms berikan.

Buat peraturan

Lakukan tindakan tegas dengan membuat peraturan dilarang berbohong bagi seluruh anggota keluarga. Setelah menanamkan pentingnya berkata jujur, sebaiknya hal ini ditunjang dengan peraturan yang diterapkan oleh anggota keluarga lainnya.

Beri contoh konkret

Terakhir, apa pun yang dilakukan oleh anak merupakan cerminan dari orangtuanya. Selalu bersikap jujur kepada anak dan lakukan hal ini pula bersama pasangan. Dengan demikian, anak akan termotivasi untuk tidak berbohong dan mematuhi aturan yang berlaku.

Terkadang hal seperti ini memang berat, Moms. Namun, tetap harus dilakukan agar anak-anak kelak terhindar dari bahaya berbohong. Memulai dari diri sendiri memang berat, tapi bukan tak mungkin kebiasaan akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Selamat mencoba, Moms!

jenis dimsum

Kenali Jenis Dimsum, Mana Favoritmu?

manfaat berenang

Manfaat Berenang yang Mungkin Kamu Belum Tahu