in ,

Stop Jadi Procastinator! Ini Cara Berhenti Menunda Pekerjaan

Jangan tunda bila ada waktu untuk mengerjakannya

cara berhenti menunda pekerjaan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu seorang procastinator? Istilah ini merupakan sebutan bagi mereka yang hobi banget menunda pekerjaan. Motto hidupnya adalah, ‘jika bisa dikerjakan nanti mengapa harus sekarang’. Kamu nggak boleh seperti itu, ya. Menunda pekerjaan akan memberimu banyak beban. Yuk, lakukan ini sebagai cara berhenti menunda pekerjaan yang efektif.

Pekerjaan yang akan kamu lakukan akan lebih mudah dilaksanakan jika kamu memiliki jadwal yang ketat. Caranya adalah dengan membuat skala prioritas dari kegiatan yang akan kamu lakukan. Tulis di kertas apa saja rencana kegiatanmu. Jangan lupa untuk menuliskan tugas-tugasmu secara detail.

Dalam membuat skala prioritas, kamu juga harus menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk melaksanakan hal ini. Jangan sampai jadwalmu justru berantakan karena kesalahan mengatur waktu pada skala prioritas yang sudah kamu buat.

Kamu bisa mulai pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu. Namun, prioritaskan tugas yang sudah dekat dengan deadline agar kamu tidak mengerjakannya mepet dengan batas akhir. Jangan menumpuk pekerjaan karena akan membuatmu semakin malas menyelesaikannya.

Selain itu, kamu bisa menggunakan teknik podomoro dalam melaksanakan tugasmu. Caranya dengan mengatur jadwal penyelesaian tugas dan istirahat secara seimbang. Gunakan waktu 25 menit tanpa terputus untuk menyelesaikan tuguasmu. Kemudian, kamu boleh beristirahat selama 10 menit. Psst, saat melakukannya kamu nggak boleh cheating sama sekali, ya!

Dengan melakukan teknik ini, secara tidak langsung kamu sudah mengerjakan tugasmu dengan mencicil sedikit demi sedikit. Teknik podomoro juga membantumu lebih disiplin dalam mengerjakan tugas.

Selain teknik podomoro, kamu juga bisa menggunakan teknik getting things done. Teknik yang juga disingkat dengan GTD ini merupakan cara berhenti menunda pekerjaan yang dapat dilakukan dengan seefektif mungkin.

Teknik GTD mengajarkanmu untuk menuliskan apa saja yang akan kamu lakukan dengan sangat detail. Kemudian, pikirkan cara untuk bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat. Lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya dalam buku yang ditulis oleh Dave Allen ini.

Terakhir, kamu bisa mengunakan sistem reward agar kamu bisa mengerjakan tugasmu hingga selesai. Tak ada salahnya memberi diri sendiri hadiah berupa satu cone es krim atau satu kali menonton film jika seluruh pekerjaanmu selesai tanpa perlu menundanya.

rekan kerja perfeksionis

Rekan Kerja Perfeksionis? Atasi dengan Trik Ini

penyakit yang disebabkan oleh tikus

Waspada! Penyakit Ini Disebabkan oleh Tikus