in

Stop Mimpi Buruk, Hindari Hal Ini

Lakukan ini sebelum tidur, dan hindarkan diri dari incaran makhluk mengerikan

penyebab mimpi buruk
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tidur yang nyenyak dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bila mimpi buruk tersebut sangat mengejutkan, kita bahkan bisa sampai terbangun hingga tersadar. Sebenarnya, apa saja yang dapat menjadi penyebab mimpi buruk?

Hingga sekarang, belum diketahui dengan pasti apa penyebab mimpi buruk. Namun, ada beberapa faktor yang berperan dalam terjadinya mimpi buruk. Mulai dari genetik, psikologis, hingga kelainan fisik.

Sleep apnea dan restless leg syndrome dapat menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya. Kamu dapat menghindari mimpi buruk di malam hari dengan menghindari hal-hal berikut.

Jadwal tidur yang berkurang dapat menyebabkan seseorang mengalami kurang tidur. Begitu pula dengan perubahan jam tidur. Akibatnya, kita jadi lebih rentan mengalami mimpi buruk. Solusinya, cobalah untuk memperbaiki waktu dan pola tidur. Dengan tidur lebih teratur, kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan terbebas dari mimpi buruk.

Adanya trauma juga dapat memengaruhi orang dalam mengalami mimpi buruk. Mulai dari kecelakaan, kekerasan seksual, cedera, hingga kehilangan dapat menyebabkan mimpi buruk di malam hari. Mimpi buruk yang disebabkan oleh hal ini sering disebut juga sebagai post-traumatic stress disorder (PTSD).

Berkonsultasilah dengan psikolog untuk mengatasi hal ini. Jika kamu sudah meredakan trauma yang kamu derita, mimpi buruk pun akan berkurang.

Beberapa obat-obatan memiliki dampak dapat memicu terjadinya mimpi buruk. Salah satu jenis obat yang dapat menyebabkan gejala ini adalah antidepresan. Solusinya, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter dan meminta jenis obat lain jika memungkinkan.

Apakah kamu senang menonton film horor atau membaca cerita-cerita seram? Menonton dan membaca kisah seram dapat memicu terjadi mimpi buruk dalam tidurmu, lho. Saat tidur, kamu akan mudah terbayang sosok-sosok yang berada dalam kisah tersebut. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengurangi intensitas menonton ataupun membaca film dan cerita horor.

Halusinasi yang disebabkan oleh narkoba juga dapat menyebabkan mimpi buruk. Selain mimpi buruk, banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh bahan ini. Oleh karena itu, jangan gunakan narkoba, ya!

Terakhir, penyebab mimpi buruk yang banyak menyerang adalah stres dan cemas berlebihan. Tekanan yang dialami sehari-hari dapat memicu hal ini. Mulai dari masalah di sekolah, tempat kerja, hingga masalah keluarga dan keuangan dapat memicu stres yang berimbas pada mimpi buruk saat tidur.

Selesaikan permasalahan yang sedang kamu hadapi. Bila perlu, berkonsultasilah dengan pakar agar permasalahan yang kamu alami segera berakhir. Kamu pun dapat beristirahat dengan tenang.

penyebab rambut rontok

Kebotakan Ternyata Bisa Terjadi Karena Faktor-faktor Ini

Jenis gangguan kepribadian

Ini Ciri Gejala Tiga Jenis Gangguan Kepribadian Tipe A