in

Sudah Coba Beragam Camilan Olahan Kacang? Ini Macamnya!

Camilan olahan kacang
Foto: pixabay

Ngobrolin.idCamilan olahan kacang banyak disajikan sebagai suguhan. Selain karena rasanya yang nikmat, olahan kacang juga tahan lama untuk disimpan. Kira-kira, tanaman yang satu ini bisa menghasilkan olahan apa aja, sih?

Enting kacang jahe

Seperti namanya, enting kacang jahe memang terbuat dari kacang dan jahe. Kacang ditumbuk kasar hingga pecah namun tidak sampai halus. Campuran kacang, gula merah, dan jahe yang sudah dihaluskan, kemudian dicetak dalam sebuah wadah dan diiris sesuai selera.

Jahe pada olahan ini bisa memberikan sensasi yang menghangatkan. Selain itu, enting kacang jahe ini cukup tahan lama untuk disimpan. Asalkan, tempat penyimpanannya bebas dari jangkauan semut, ya.

Halua kacang

Makanan yang satu ini khas dari Pulau Morotai, Maluku Utara. Cara membuat halua kacang ini dengan mencampur kacang kenari cincang dengan gula merah dan diberi serutan singkong. Halua kacang biasanya bisa ditemukan dengan mudah di acara besar seperti pernikahan.

Rempeyek kacang

Pasti sudah tidak asing dong dengan makanan yang satu ini? Sering disandingkan dengan kerupuk, rempeyek kacang jadi salah satu primadona di kalangan camilan berbahan kacang, lho. Rasa rempeyek yang gurih dipadukan dengan kacang tanah bikin makin mantap!

Gula kacang

Gula kacang dikenal juga sebagai enting-enting gula jawa. Makanan ini terbuat dari kacang yang disatukan menggunakan gula merah. Sebelum diolah, kacang harus digoreng terlebih dahulu, ya. Gula kacang dicetak menjadi bentuk bulat-bulat pipih.

Kue kacang

Kue yang satu ini juga sudah banyak diproduksi, lho. Kue kacang menggunakan bahan baku berupa kacang tanah yang sudah dihaluskan. Kacang tanah ini nantinya akan memberikan rasa yang khas pada kue kacang. Biasanya, kue kacang hadir dalam bentuk bulan sabit dengan bagian atas mengilat karena dioles kuning telur sebelum dipanggang.

Geti wijen kacang

Camilan yang satu ini terbuat dari kacang tanah. Kacang dicincang kasar dan ditambahkan biji wijen. Campuran ini kemudian dibentuk persegi panjang. Makanan ini biasanya bisa dengan mudah ditemukan di Trenggalek, Temanggung, dan sekitarnya.

Kue puteri salju

Rasa khas dari kue bertabur gula halus ini berasal dari kacang tanah, lho. Kacang tanah dihaluskan kemudian dibuat menjadi kue seperti kue kacang. Bedanya, kue puteri salju diberi taburan gula halus di bagian atasnya sehingga tampak seperti lapisan salju.

 

rekomendasi lagu Hivi

Rekomendasi Lagu Hivi! untuk Temani Harimu

rekomendasi lagu hits Tulus

Lagu Hits Tulus yang Cocok Buat Santai