in

Sudah Kenal dengan Tempoyak Durian?

makanan khas Indonesia yang asem-asem gurih

tempoyak durian
foto: pixabay

Ngobrolin.id Tempoyak durian merupakan makanan hasil fermentasi dari buah durian yang memiliki rasa serta aroma yang khas. Tempoyak dapat dengan mudah dijumpai pada makanan tradisional atau dari daerah yang menghasilkan buah durian. Tempoyak cukup terkenal di daerah Palembang hingga Jambi.

Tempoyak biasanya akan dicampur menjadi bahan masakan seperti dicampur ke dalam bumbu balado ataupun semur. Namun, tak jarang tempoyak juga dijadikan sebagai bumbu penyedap dan dijadikan sebagai sambal colek.

Tempoyak dibuat dari durian yang sudah masak di pohon atau memiliki daging yang sudah agak berair. Daging buah durian harus dihaluskan, lalu ditambahkan garam untuk memudahkan proses fermentasi. Durian yang sudah dihaluskan akan disimpan dalam wadah seperti stoples, lalu disimpan dan didiamkan selama 3—5 hari.

Buah durian yang baik untuk dijadikan tempoyak adalah buah durian lokal karena buahnya cenderung memiliki kadar air dan gas yang sedikit dibanding durian monthong. Untuk menghasilkan rasa asam yang lezat, buah durian harus difermentasikan maksimal selama 6 hari. Setelah itu, tempoyak dapat disimpan.

Tempoyak akan semakin nikmat jika diolah bersama ikan teri. Ikan teri yang memiliki rasa asin akan menyatu dengan cita rasa tempoyak yang gurih asam. Pembuatannya pun sangat sederhana. Ikan teri diolah menjadi masakan biasa seperti dibalado atau ditumis biasa. Namun yang membedakan adalah penambahan tempoyak yang membuat masakan ikan asin memiliki cita rasa gurih, asam, dan lezat.

Bagi mahasiswa perantauan yang berasal dari Pulau Sumatera, tempoyak merupakan makanan yang sering dibawa kembali ke tanah perantauan. Sebab, di tanah perantauan, mereka akan sulit menyantap buah durian secara bebas, tidak seperti di kampung halamannya, di mana pohon durian tumbuh melimpah ruah. Jadilah mereka membawa tempoyak yang sudah pasti bisa lolos di bandara.

Pengolahan tempoyak pun terbilang sangat mudah, hanya dengan menambahkannya ke dalam resep masakan, tidak memerlukan perlakuan khusus dalam mengolahnya. Kamu sudah mencobanya, belum? Jika boleh saran, tempoyak akan lebih lezat jika dimakan dalam bentuk balado karena rasa asam, gurih dan pedas bercampur jadi satu. Kalau belum mencobanya, coba, ya! Tidak ada bau durian sama sekali, kok!

whatsapp

Sudah Cek OS Ponsel Kamu agar Bisa WhatsApp-an di 2020? Lihat Caranya di Sini!

insomnia

Cara Mengatasi Insomnia