in ,

Sudah Skincare-an Tapi Masih Jerawatan? Mungkin Kamu Masih Melakukan Kebiasaan Ini

Mending jangan dilakukan lagi biar gak mudah jerawatan

kebiasaan penyebab jerawat
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Banyak cara menghilangkan jerawat yang muncul di permukaan kulit wajah. Namun, tahukah kamu perawatan menghilangkan jerawatan itu tidak hanya dapat dilakukan dengan skincare, kamu juga perlu melakukan perawatan secara menyeluruh. Makanya gak heran, kalau kamu sudah menggunakan skincare tetapi masih saja jerawatan. Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab jerawat yang masih sering tidak disadari dilakukan.

Jadwal tidur berantakan

Pada saat tidur sel-sel kulit akan mengalami regenerasi atau perbaikan. Proses regenerasi tersebut dapat berjalan lancar apabila waktu tidur yang dimiliki cukup. Waktu tidur yang kurang tentu dapat mengganggu jalannya proses tersebut sehingga memicu munculnya jerawat dan penuaan dini pada kulit. Selain itu, kekurangan tidur bisa membuat seseorang stres sehingga berujung pada munculnya jerawat.

Pola makan yang kurang baik

Dulu kacang sering disebut sebagai penyebab jerawat, sebenarnya pernyataan tersebut hanya sebuah mitos dan tidak sepenuhnya benar. Namun, memang ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat, seperti junk food dan gorengan. Di dalam makanan tersebut terdapat lemak jahat yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah dan memicu produksi hormon insulin yang menstimulasi produksi minyak dan jerawat.

Selain makanan lemak jahat, kamu juga perlu menghindari makanan yang mengandung alkohol karena kandungan terseut meningkatkan risiko terjadinya peradangan di dalam aliran darah dan dapat membuat kulit kamu menjadi lebih mudah keriput.

Menggunakan handuk yang tidak bersih

Siapa yang masih suka mengelap muka dengan handuk untuk badan? Kebiasaan tersebut merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat yang masih banyak tidak disadari oleh banyak orang. Kamu perlu memisahkan handuk untuk badan dan handuk untuk muka, handuk tersebut perlu rajin dicuci agar tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.

Sering memegang wajah

Kebiasaan penyebab jerawat yang satu ini memang sulit dihindari karena sering dilakukan secara tidak sadar. Tangan kamu yang mengandung bakteri dan kuman dapat membuat kulit wajah infeksi sehingga memicu jerawat. Kondisi tangan yang kotor juga dapat membuat peradangan jerawat menjadi lebih parah sehingga jerawat susah sembuh.

Jarang keramasan

Tahukah kamu jarang keramasan dan membersihkan rambut dapat menyebabkan jerawatan, terutama untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak. Minyak tersebut dapat meresap ke wajah dan membuat jerawat semakin banyak.

mengatur uang THR

Awas Menghilang Tanpa Jejak, Begini Tips Mengatur Uang THR

palung laut

Pengertian Palung Laut, Bagian Terdalam Lautan