in ,

Sudah Tahu Belum? Cuti Akhir Tahun 2020 Bakal Ada Revisi Pengurangan

bye bye liburan

cuti akhir tahun 2020
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bagi kamu yang sudah merencanakan libur akhir tahun sebaiknya pantau kabar terbaru tentang cuti bersama. Hal ini karena sudah ada instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk meninjau ulang perihal cuti bersama akhir tahun 2020. Pada awalnya, para pegawai ASN akan mendapatkan cuti akhir tahun 2020 yang cukup panjang, bahkan jika ditotal-total hari libur akhir tahun bisa mencapai 11 hari.

Presiden meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy untuk meninjau ulang cuti akhir tahun. Dilansir dari cnbcindonesia.com, Muhadjir menyampaikan keterangan tersebut setelah melakukan rapat terbatas di Kantor Presiden di Jakarta (23/11).

Pada mulanya, pemerintah menggeser cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri selama empat hari ke akhir tahun yang jatuh pada tanggal 28, 29,30 dan 31 Desember 2020. Selanjutnya, hari cuti bersama tersebut diapit oleh hari cuti bersama dan libur nasional Hari Natal yang jatuh pada 24—25 Desember 2020 dan libur akhir tahun pada 1 Januari 2021. Oleh karena itu, pegawai sudah akan libur sejak 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021.

Namun, hingga saat ini masih belum ada keterangan resmi dari pemerintah mengenai keputusan akhir revisi tanggal cuti bersama.

Keputusan revisi tanggal cuti akhir tahun diambil karena melihat kondisi pandemi yang terjadi di Indonesia. Pengurangan tersebut diharapkan bisa mencegah terjadinya kerumunan sehingga laju kasus Covid-19 masih bisa ditekan.

Sebelumnya, dikutip dari kumparan.com, ahli wabah UI, Pandu Riono sudah mengusulkan untuk membatalkan cuti bersama di akhir tahun. Sebab, menurut Pandu kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak setelah long weekend yang berlangsung pada akhir Oktober 2020.

Usulan tersebut diterima dengan baik oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi. Pihak Kemnaker akan mempertimbangkan usulan tersebut dan menampung seluruh aspirasi terlebih dahulu.

Keputusan tersebut menuai banyak pro dan kontra. Mari kita lihat bagaimana keputusan pemerintah mengenai hari cuti bersama akhir tahun. Semoga keputusan yang dikeluarkan merupakan keputusan terbaik dan untuk kepentingan bersama rakyat Indonesia.

 

 

hari guru

Kenapa Hari Guru Jatuh pada 25 November?

coca cola

Coca Cola Kembangkan Kemasan Berbahan Kertas