in

Sudah Tahu Misi NASA Mengirim Manusia Ke Mars?

proyek NASA
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) semakin fokus dengan misi utama mereka yang dikabarkan siap meluncur dalam waktu tidak lama lagi. Tahun depan, NASA menargetkan akan mengirimkan manusia ke planet paling dekat dengan bumi, Mars. Sejauh apa persiapan proyek NASA ini?

NASA terus membuat inovasi dan teknologi untuk mendukung misi mereka tersebut. Berbagai tantangan terus ditaklukkan demi membuat manusia bisa melakukan pendaratan di planet luar. Setelah bulan, Planet Mars adalah tujuan berikutnya.

Sayangnya, mendaratkan benda ke permukaan planet ini bukanlah yang mudah. Pendaratan ini tentulah memakan beban yang tidak sedikit. Sementara saat ini, peneliti sedang menguji sensor Mars Entry, Descent, and Landing Instrumentation 2 (MEDLI2). Sensor ini bisa digunakan untuk mengukur suhu di dalam pesawat. Tujuannya, ketika hendak melakukan pendaratan, pelindung pesawat dari panas bisa digunakan di masa depan.

Selain itu, para peneliti NASA juga masih menguji alat lain, yakni Terrain Relative Navigation. Alat ini memiliki kamera untuk memotret zona pendaratan serta membandingkannya dengan koordinat seharusnya.

Tak hanya mengenai permukaan yang tak mudah ditaklukkan, keberadaan oksigen dan air juga menjadi persoalan yang harus diselesaikan NASA. Seperti yang kita ketahui, planet merah ini tidak memiliki kadar oksigen dan tidak memiliki air yang merupakan dua zat paling penting bagi manusia.

Pembuatan oksigen pernah dicoba dengan perangkat Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE). Alat ini bekerja dengan cara mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Atmosfer Mars yang kaya akan karbon dioksida diharapkan bisa diubah menjadi atmosfer yang bisa digunakan untuk manusia bernapas.

Keberadaan air bisa diatasi dengan menggunakan endapan es di bawah tanah. Alatnya sendiri bernama Radar Imager for Mars Subsurface Experiment (RIMFAX). Air digunakan oleh astronot yang ditugaskan ke Mars untuk kebutuhan cairan dalam tubuh.

minuman tidak baik untuk ginjal

Psst… Minuman Ini Tidak Baik untuk Ginjal

kenapa model harus kurus dan tinggi

Kenapa Model Harus Kurus dan Tinggi?