in ,

Sudahi Scroll Beranda, Media Sosial Tidak Bisa Mengusir Kesepian

media sosial
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sejak ada media sosial (medsos), hubungan antar sesama manusia lebih mudah dilakukan, mereka tidak perlu saling bertemu. Bayangkan saja, kamu bisa terhubung dengan orang yang berbeda negara hanya dengan mengaktifkan internet pada gawai. Media sosial memang bisa mendekatkan yang jauh, tetapi faktanya beberapa penelitian mengatakan bahwa medsos tidak bisa mengusir kesepian yang sedang kamu alami.

Melansir dari cnnindonesia.com. sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Preventive Medicine mengatakan bahwa seseorang yang biasa menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari berselancar di dunia maya, berarti ia melipatgandakan peluang rasa terisolasinya.

Para peneliti menemukan mereka yang mengunjungi berbagai situs, 58 kali atau lebih dalam satu minggu, tiga kali lebih berisiko mengalami kesepian. Maka, wajar apabila seseorang bisa tetap merasakan kesepian setelah bermain media sosial.

Sebetulnya, media sosial merupakan teknologi yang dapat memudahkan manusia apabila digunakan dengan bijak. Dilansir dari antaranews.com, psikologis klinis dewasa dari Universitas Indonesia, Inez Kristanti, mengatakan, kualitas interaktsi antara media sosial dan bertemu tatap muka tidak sama.

Berinteraksi dengan teknologi seperti medsos memang bisa mendekatkan yang jauh, tetapi malah menjauhkan yang dekat. Jadi, kalau kamu ingin mengusir rasa kesepian, usahakan jangan hanya mengandalkan media sosial. Kamu juga perlu berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, para peneliti di Universitas Pennsylvania yang dipimpin oleh psikolog, Melissa Hunt, mengatakan, ada dua hal utama yang membuat pengguna medsos merasa depresi dan kesepian.

Pertama, medsos menimbulkan perbandingan sosial ke arah negatif saat kamu melihat orang lain bersenang-senang. Kedua, setiap menit yang kamu habiskan di media sosial akan menjauhkan kamu dengan orang di sekitar kamu.

Batasi waktu penggunaan media sosial. Kamu bisa memulainya dengan langkah kecil. Misalnya, mulai kurangi waktu bermain medsos selama satu jam. Lakukan setiap hari dan tambah waktu pengurangan sedikit demi sedikit hingga kamu mulai terbiasa.

Kamu harus ingat, tidak ada yang instan. Jadi, wajar saja jika pada awalnya kamu merasa berat untuk mengurangi waktu bermain medsos, lama-kelamaan kamu juga pasti akan terbiasa jika memiliki tekad yang kuat.

junk food dan fast food

Ternyata, Junk Food dan Fast Food Berbeda, Lho!

menjual emoji

Bocah Asal Inggris Jadi Kaya Setelah Menjual Emoji Buatannya